nhk

Drag Bike 2016: Heboh RX-Z 140 Cc Anton Bejo Cetak 7.102 Detik, Berani Ikut Proliner UMA RCB

ManiakMotor – Anton Bejo jadi legendaris lewat karyanya pada RZ-Z. Motor bermesin  140 cc itu, tapi time-nya setara 155 cc yang tune-up pula. Itu motor memang ikut Sport 2 Tak TU 140 cc dan diceritakan di sini, karena juara. Dengan joki berbeda podium 1 dan 2 direbut di event Bupati Cup IV Tulungagung Drag bike 2016, Jl Muhamad Yani Timur, Tuluangung, Jatim 13 November 2016 lalu.

Bukan soal juara itu yang jadi cerita. Catatan waktu yang ditorehkan Arif Tijil sebagai joki juara adalah 7.102 detik. Catatan seperti itu setara Ninja TU 155 dan bisa mengalahkan Sport 2T Frame STD. “Angka-angka portingnya seperti yang dibikin sebelumnya.Mungkin karena cara mengoreknya step by step, porting lebih presisi sesuai angkanya,” kira Bejo yang juga terheran-heran catatan waktunya melejit seperti itu.

Bejo menceritakan motor milik One Boy 899 Racer Kidz tersebut. Katanya tinggi lubang buang atau port exhaust 27 mm. Lebar lubang 43 mm dan transfer tingging 43 mm. Ini angka-angka biasa yang jadi patokan Bejo bikin porting. Berhubung langkah demi langkah, maka akurasinya dapat.

Kinerja karbu PWM 38 dengan spuyer 50/145 yang dibantu membran V-Force3 akurat menyalurkan kabut ke ruang bakar. Maksudnya untuh lewat porting transfer dan bilas. Ditambah pula dengan knalpot yang katanya sudah diuji berkali-kali. “Cara bawa yang pas juga membantu sehingga saya juara,” komentar Tijil semberi senyum-senyum.

Karena senyumnya aneh ini kembali dicek ulang pada Sulez Setyawan si pemilik Rx-Z yang punya  One Boy 899 Racer Kidz tadi. Jawabannya cukup mengangetkan. “Jarak trek di Tulungagung cuma 191 meter. Jelas bisa 7.1 detik. Aslinya motor ini 7.3 detik,” jujur Sulez sembari serius.

Oooo begitu to. Apa pun kan bisa juara dari lawan-lawannya. Oke deh kalau berani ikut event portal ini pada 3 – 4 Desember 2016. Ingat ya tempatnya di Deltamas, Cikarang, Jabar yang nama eventnya Proliner UMA RCB Drag Bike 201M. Panjul

Drag Bike ManiakMotor Desember 2017

BAGIKAN