nhk

Drag Bike 2016 Jelang Sukoharjo: Jupie 130 New Comer, Sok Nyaman Ohlins, Mesin Karbu UMA 30 mm!

 

ManiakMotor – Percaya tidak percaya, tapi tetap percaya kok, sebab karbu UMA 30 mm-lah yang mendorong Jupie new comer  ini.  Jadi percaya karena korekan mesinnya paten yang dituntaskan dengan karburator. Makin percaya lagi jokinya bilang grip ban dapat terus dan nyaman, oh ternyata pakai Ohlins, suspensi kelas dunia.

Hasilnya adalah kejutan di event Kebumen (7/1) lalu. Bagaimana tidak, kali pertama nongol di portal raja drag bike ini langsung menusuk tim yang eksis.  Jupie sekelas Faster Chiki Poetra Mahesa dan V-Reinz Racing jadi ‘korban’. Coba aja cek lagi di http://maniakmotor.com/index.php/hasil-balap/10854-hasil-drag-bike-kebumen-jateng-7-februari-2016

Lantas siapa dan bagaimana di balik ini semua. Adalah Bagus Afandi dan Singgih dengan bendera Griya Racing (Kebumen), aktor intelektualnya. Bahkan Bagus Afandi sebagai juru korek berani ‘klaim’ bahwa ini karya asli miliknya. Bukan pesanan. Itu sih, lantaran doi rajin ikuti perkembangan korekan terkini.

Makanya, tahu Ohlins yang web-nya diakses dari portal ini. Juga keunggulan karbu UMA yang murah dan mudah disetting.  Utamanya pada power jet, putaran atas jadi lebih tajam. Itu power jet yang merupakan jalur bensin dengan posisi di moncong, jadi saat putaran tinggi dengan sedotan ruang bakar makin kencang akan ada tambahan semburan bensin dari power jet. Hasilnya putaran atas AFR lebih stabil, kira-kira begitu. 

Itu pula yang diakui oleh Galih Dwi (Boyolali) selaku ‘tester’. Feeling Galih sebagai joki papan atas pencetak rekor 7.1 detik dengan FU 200 Pele itu, membenarkan rpm atasnya lebih padat. “Hebatnya saat start grip dapat terus. Laju motor juga stabil,” jelas Dwi yang punya Galih.

Cerita keunggulan karbu UMA ini pulalah yang akan dibawa ke sri 1 AHRS di lintasan Jln. Diponegoro, Sukoharjo, Jateng (14/1). Faktanya, beberapa tim pemain utama dikelas ini sudah aplikasi karbu ini. Lebih lengkap, soal ‘OMR’ UMA ini dibahas di tulisan berikutnya.

Pun begitu, tetap bersinergi dengan set up lain macam porting, perbandingan kompresi, durasi noken. Dimulai dengan aplikasi klep 29/24 mm, lantas diatur durasi noken 282° (in-ex), “Piston Daytona 55.25 mm dengan rasio kompresi 13.5: 1, pengapian juga digital,” sebut Bagus Afandi seraya menyebut  knalpot AHM New.

Wah, bermain di AHRS Drag Bike, kudu riset ulang dengan knalpot wajib sponsor  (AHRS F4),”Itu juga kendalanya! Kami masih privateer, dana terbatas. Ada sponsor?” sahut Singgih. Nah…Ardel    

BACA JUGA

Drag Bike 2016 AHRS (Jelang) Sukoharjo; Nih Cewek-Cewek Seksi Juga Joki Trek Lurus + Monita PW!!

Drag Bike 2016 AHRS (Jelang) Sukoharjo: Chodox Siap Bertaruh Catatan Waktu Untuk SC Ole..!

Drag Bike 2016 Kediri, Jelang AHRS Sukoharjo: Jupie 130 ABRT, Piston Moto 1 Racing!

Drag Bike 2016 AHRS (Jelang): SJP 33 Modal Nekat Kembali Jagokan Cebonk, Melawan Chodox

Drag Bike 2016 Cimahi: Robot Kecundangi Hendra Kecil Di Sport 150 TU 2T, Muncul Knalpot RCB

 

BAGIKAN