nhk

Drag Bike 2016: Jupie 130 ABRT Moto 1 Racing SSS, Teror Di Bawah 8 detik..

Jupie (Jupiter Z) 130 Drag Bike

ManiakMotor – ABRT 20 Moto 1 Racing SSS Excel Asia Takasago sedang berusaha keras, sekeras-kerasnya. Belakangan tim ini agak melupakan Bebek 130 TU 4T dengan Jupie-nya. Maklum masih sibuk dengan mesin two stroke. Kini akan fokus pada Jupie yang sempat muncul di papan  atas tersebut dengan speksifikasi terbaru. Katanya sih ingin menteror di bawah 8 detik.

Basisnya membangun mesin dengan bahan bakar oktan 95, yakni Pertamax Plus. Eeeit… ingat Pertamax Plus sekarang sudah berubah jadi oktan 98 loh. Namanya Pertamax Turbo yang sudah menyebar di POM bensin Jakarta. “Ah itu lebih baik. Intinya mesin dibangun tanpa menggunakan bahan bakar bensol. Kompresi lebih rendah untuk memanjakan rpm,” sebut AB Bendol, pawang ABRT dari Salatiga, Jateng.

Pakai seher atau piston Moto 1 Racing dengan diameter 55,25 mm kompresi disetel pada 13:1. Memang kompresinya lebih rendah karena sesuai kemampuan oktan Pertamax ketika terjadi pemampatan. Namun keuntungannya, rpm tadi bisa lebih tinggi dengan memainkan derajat LSA, kem dan porting. Lebih dari itu, soal kualitas Pertamax yang lebih konsisten. Maksudnya, bahan bakar ini lebih segar, karena dijual umum.

Untuk mendapatkan torsi yang ‘hilang’ dengan kompresi lebih rendah, ABRT yang bermarkas di Perum Pabelan Makmur e10 RT05/02, Salatiga, Jateng tersebut, mengakalinya lewat magnet. “Piringan balanser magnet kiri 250 gram dan balanser kanan 150 gram,” jelas Bendol.

Torsi dan rpm ini dikawinkan dengan rasio Moto 1 Racing yang komplet racikannya. Karena itu, Bendol yakin dengan ramuan barunya tersebut bisa berlari di bawah 8 detik, “Sudah sekali ikut event, tapi saat itu hujan sehingga belum jadi ukuran. Juga masih ada yang perlu diriset ulang, terutama pengapian,” tutup Bendol.

Ya ditunggu di event maniakmotor.com. Kan Bendol pernah janji akan datang pada Agustus lalu, tapi nggak muncul. Nah sekarang ditunggu benaran pada 12 – 13 November 2016 di Jababeka, Cikarang, Jabar. Tuh ada info di bawah tulisan ini dengan penambahan hadiah di beberapa kelas dibanding Agustus lalu. Panjul

Drag Bike Proliner ManiakMotor.Com

BAGIKAN