nhk

Drag Bike 2016: Jupie 130 Eleanor Dari Gresik, Piston Moto 1 Racing Yang Ringan, Efisiensi Mekanis!

ManiakMotor – Modifikasinya pada mekanikal ringan dan minim gesekan.  Itu namanya efisiensi mekanikal alias mekanis. Jadi nggak melulu pada  efisiensi volumetrik lewat porting, durasi kem, dan  kompresi  pada kepala silinder. Yang ini main enteng-entengan saja. Tapi hati-hati, saking entengnya nanti malah barangnya jadi tipis.

Teorinya sih, efisiensi mekanis dipengaruhi oleh gesekan rantai keteng dengan gir timing noken-as maupun kruk-as, gesekan klep terhadap bushing klep, gesekan rocker arm dengan kem, gesekan laher  dalam mesin, dindin piston vs liner blok, dan semua part yang bergerak, dan juga bergantung pada putaran Mesin (RPM).

Semakin tinggi RPM, semakin diperlukan tenaga yang besar untuk memutar mesinnya. Semakin cepat mesin berputar, semakin efisiensi mekanis menurun. Nah, konsep itu yang coba diaplikasi di sini. Idealnya sih, tenaga efektif di semua putaran mesin. “Coba mencari tenaga besar yang minim getaran,” buka Rifky Wimar from Eleanor Racing Team (Gresik), Jatim.

Rifky adalah salah satu anak didik Swega punggawa RAT Motosport Sidoarjo, Jatim. Nah, si murid coba bereksprimen dengan spek bebek 130 cc 4T TU. Memang hsilnya masih di 8.2 detik pada kiprah perdananya yang dijoki pemula Faris Gimbes. But its oke. Nah, mekanikal yang ringan tadi salah satunya dengan piston yang ringan yakni  86 gram dari sebelumnya 100 gram.

Piston Moto 1 Racing kah?  “Iya piston Moto 1 dibubut sisi sampingnya mengurangi gesekan. Kebetulan piston ini memang saat dibubut tetap aman. Juga aslinya memang enteng karena kepalanya pendek,” lanjut Rifky seraya sebut nama Eleanor dari pujaan hatinya. Weleh, salam ya!

Lalu, “Gas speed dibuat setinggi-tingginya juga untuk bantu narik CFM gede. Caranya, porting cenderung kecil saja antara 24-25 mm. Justru karburator yang bertugas banyak di pasokan CFM,” timpal Swega seraya sebut karburator PWK 28 (65/105). Pun  begitu, diakui power atas masih belum optimal dengan kruk as standart,”Next coba pakai karbu UMA 30 dan riset knalpot,” lanjutnya Swega. 

Nah kalau pakai karbu UMA ikut dong drag bike yang dibuat maniakmotor.com bersama UMA Racing. Yang pakai item UMA akan dapat bonus, itu kalau podium. Tentu selain hadiah yang menggiurkan! Ardel

BACA JUGA

Drag Bike 2016; Eko Chodox, Siapa Bilang Nyerah, Kamu Kali!

Drag Bike 2016; FU Faster Chiki Poetra Mahesa, Progress Sih, Bangat..!

Drag Bike, Road Race, Drag Race (Mobil) Diborong Denas Di Padang

Drag Bike AHRS 2016 Sragen (Seri 4), Ninja TU Dari Lampung, Pembegal FFA!

Karburator Moto 1 Racing, 28 Mm, Lengkap Dengan Jetting Liaran Dan Drag Bike

BAGIKAN