nhk

Drag Bike 2016: Jupie 130 TU DKJ Perkasa ABRT20 SSS Excel Moto 1, Riset Pertamax Plus Bikin Keok Jupie V-Reinz

Dragbike, ABRT, Jogya, Klaten, Pertamax, bensol

ManiakMotor – Ini karya terbaru dengan riset ‘nyeleneh’ pada Jupie 130 TU. Itu lantaran memang beda dibanding umumnya. Apa tuh? Spek bahan bakar diturunkan  dari bensol ke Pertamax Plus. Maka, ada beberapa penyesuaian yakni porting, noken dan kompresi.

“Dengan pertamax plus lebih irit part, piston lebih gampang cari dan tidak perlu dome tinggi. Itu lantaran kompresi lebih rendah, buka-bukaan noken juga tidak perlu ekstrim,”buka AB Bendol punggawa tim ABRT 20 SSS Excel Moto 1.

Dragbike, Jogyakarta, ABRT, Kasiki, Klaten
Komponen yang dimodifikasi karena turun spek bahan bakar

Soal riset dari bensol ke pertamax dibalap karapan memang ini bukan hal baru. Bedanya, karya mekanik nyentrik ini sudah sukses podium pertama dengan catatan waktu bersaing dengan bensol. Mantap! Bukan asal omong, tapi nih ada buktinya, http://maniakmotor.com/hasil-drag-bike-kajen-pekalongan-jateng-25-september-2016/. Yes, lewat joki Febri Jenglot (Kebumen)  tercepat dengan catatan waktu 8.140 detik di event Kajen, Pekalongan, Jateng (25/9) lalu.

“Perbandingan kompresi dengan bensol 15,2:1 tapi dengan Pertamax turun jadi 13,1:1. Durasi juga turun dari 280 jadi 272 dan diameter porting 27 mm terbesar 32 mm (bensol) jadi 25 terbesar 29 (pertamax),”rinci Bendol seraya menjelaskan spesifikasi itu turun lantaran adanya perbedaan oktan, yakni bensol 102 sedangkan pertamax plus 95.

dragbike,jogya,abrt
Masih bisa ukir waktu tercepat

Logika sederhananya, kalo kompresi tidak diturunkan bakal terjadi detonasi alias mesin ngelitik lantaran pembakaran yang tidak sempurna. Memang dengan perbandingan kompresi yang turun maka torsi pun turun. Torsi punya efek pada start yang responsif,”Coba diakali dengan buka tutup noken yang cepat. Jadi motor identik cepat buat rpm paling tinggi,”jelas Bendol lagi.

Sstt..yang tak kalah seru, kemarin di Kajen juga hadir Jupie V-Reinz dan Faster Chiki. Dua Jupie itu tak hanya pakai bensol tapi juga langganan podium. Wah, keok juga dia dengan pertamx plus. Hehe..Mari kita btunggu tanding ulangnya! Ardel

Drag Bike Proliner ManiakMotor.Com

BAGIKAN