nhk

Drag Bike 2016: Jupie 130 TU RDT ZM Kalimantan, Magnet Enteng 8.184 Detik!

Dragbike, Niko Sakau, Jateng, Cebonk
Niko Sakau (kanan) beesut Ninja 130 TU

ManiakMotor – Magnet custom jadi kuncian Jupie 130 TU karya Ari Susanto atau akrab disapa RDT ini. Ngomongin magnet, ada hubungan sama pengapian dengan fungsi penggerak sensor pik up (DC).  Hasilnya? Pencetak best time alias waktu tercepat 8.184 detik melalui joki pemula tuan rumah Roy Uceng di event Kudus, Jateng (18/9) lalu.  Lumayan menjanjikan sebagai karya pendatang baru.

Dragbike, RDTZM, Niko Sakau, Cebonk
Knalpot AHRS ikut menyalurkan teriakan atas mesin

“Jadi magnet dibuat serupa YZ, diameter sama. Bobotnya dibikin ringan,  450 gram. Kelebihannya, percikan api lebih cepat. So, motor tambah kuat (torsi), tariakan atasnya juga makin kuat,”jelas RDT yang aplikasi fulser GL pada timing pengapian 5°. Jurus magnet enteng ini, juga pernah diterapkan Mlethiz. Prinsipnya, ”Dengan magnet enteng biar rpmnya bisa lebih tinggi. Dari standart Jupie 8 ribu rpm bisa samapi 12 ribu dngan syarat CDI udah spek racing,”tegas RDT seraya bilang magnet bikin sendiri kaya gini bisa lebih irit (Rp500 ribua-an).

Katanya, magnet yang ringan perlu diimbangi dengan perbandingan kompresi yang kuat pula. Salah satu resiko magnet enteng torsi berkurang.  Makanya, hitungan kompresinya tergolong tinggi yakni 15:1 (buret 8,7 cc). “Hasil setting, kompresi yang optimal diangka segitu pada volume silinder 129,3 cc (piston FJN),”jelas RDT yang bisa dikontak di 085876163350.

dragbike, komponen, Kudus, Jateng,
Magnet cutom, CDI Rextor, dan karbu UMA

Juga dukungan karbu UMA 30 mm, ”Karakter karbu UMA cocok untuk tenaga atas macam magnet yang dibuat enteng tadi,” tegas RDT yang mengibarkan bendera RDT ZM Kalimantan itu. Faktor lain, juga ditentukan oleh mapping CDI antara lain timing, pik up angle, pulser angle lantaran api semakin cepat.

Oh ya, pada event ini tak Cuma mengnandalkan Roy Uceng, ada Niko Sakau dan Oky Putra dengan motor yang sama juga naik podium kedua dan keempat. Keduanya juga asal Kudus. Ini juga salah satu kelas yang mengantarkan tim RDT sebagai juara umum. Nah, bagaimana sepak terjang Jupie RDT ini pada beberapa event lain? Kita tunggu saja! Portal ini sih menantang untuk hadir di event garapan maniakmotor.com pada 12-13 November mendatang di Jababeka, Cikarang, Jabar.  Berani? Ardel

Drag Bike Proliner ManiakMotor.Com