nhk

Drag Bike 2016 Magelang (Kejurnas): Jupie 130 Samodro Gonta-Ganti Kompresi, Juara..!

ManiakMotor – Kompresi 15:1 ternyata mesinnya malah mandeg. Diturunkan lagi jadi 14:1. Itu perbandingan kompresi statis alias diam. Kalo dinamis pasti beda seiring gerakan mesin. Angka itu didak sembarang telah melewati proses riset, seperti coba-coba 15:1 tadi. Dihitung dengan rumus volume langkah 129,3 cc dan buret 10,5 cc, hasilnya 14:1.

Itu modal Jupiter Z alias Jupie Samodro Pitik Sukoharjo kencang di kejurnas drag bike di Magelang, Jateng. Event yang didukung SSS Excel Asia Takasago  pada Minggu 1 Mei 2016 itu, Jupie tersebut yang kampiun. Tentu saja di Bebek 130 4T TU. Bahkan spek sekarang mudah dipakai pemula sekalipun, apalagi joki papan atas. “Semua ukuran kompresi pernah dipakai. Hasilnya saat ini boleh dipercaya. Pernah pakai 12:1, atasnya mantap, bawahnya kurang,” jelas Benny Sastro Atmodjo akrab disapa Benysta, mekaniknya.

Yang memberi bukti, bukan janji jokinya Mahmud Arjuna yang bukan orang Arab, tapi dia orang Klaten, Jateng. Wah dekat sirkuit GSD, dong? “Justru di situ saya sering latihan serius. Di situ juga, variasi setelan motor ini bisa ketemu dengan kompresi sekarang,” kata Mahmud  yang mencetak 8.265 detik untuk membungkam lawannya.

Bukan suatu kebetulan, karna best time segitu satu-satunya dicetak di babak final. Mantap! Padahal, hadir juga pesaing terberat seperti Jupie SRR karya Mlethis, Jupie V-Reinz bikinan Ari Setyawan dan berbagai Jupi kencang lainnya. Itu sekaligus menepis anggapan hasil AHRS Drag Bike seri 3 Boyolali, Jateng lalu. Kala itu, Jupie 130 dengan bendera Samodro Pitik Sukoharjo podium kedua bersama Imam  Ceper (Jakarta).

Pokoknya dengan kompresi sekarang mantap dah. Kemarin yang beda saat AHRS adalah knalpotnya. AHRS kan banyak tipe-nya. “Biasa pakai yang karbon, kemarin coba yang trioval,” lanjut Benny yang memainkan stroke 54 mm. Ardel

BACA JUGA

Hasil Kejurnas Drag Bike Magelang, Jateng, 1 Mei 2016

Drag Bike 2016 Magelang (Kejurnas) Seri 2: Aneka Group Pekajaman, Tim Custom CMT-OTD-SJRT!

Drag Bike 2016 Magelang: FU CMT Memang Lagi Jaya Di Bebek 200! Ayo…

Roller Moto 1 Racing: Halus Angkat Tenaga Drag Bike Dan Liaran, Satu Paket Dengan Slider

Drag Bike 2016 Magelang Kejurnas (Seri 2): FU 200 Faster Chiki PM, New Spek Rasio Moto 1 Racing!

BAGIKAN