nhk

Drag Bike 2016: Ninja STD Babahe Racing Team (Semarang), Ini Jurus Gebrak Dua Kategori!

Drag Bike, Babahe, semarang, Pemula

ManiakMotor – Pemula ukir best time 7,5 detik, sungguh fantastis. Di kategori open podium kedua, di kelas pemula sendiri, ya pasti menang punya lha. Pemula yang dimaksud adalah Arif Ucil yang menunggang Ninja STD unjuk prestasi di event di Kudus, Jateng, beberapa waktu lalu. Sukses joki asal Semarang ini berkat ‘ramuan’ yang disodorkan Wayhudi, punggawa Babahe Racing Team asal Kota Lunpia.

Drag Bike, Babahe, Semaranbg, Jateng, Pemula, Dua kategori
Matik mulai gigi2 hasilkan waktu 7,5 detik

Apa ramuannya? “Muda dibawa, apalagi ini digass oleh pemula,” sebut Babahe, sapaan akrab Wahyudi. Gampang dibawa, menurut Babahe, kuncinya ada pada racikan rasio yang dibuat matik mulai dari gigi 2 dengan kombinasi final gir 13/19. Yup, istilah ‘matik’ di sini  dibuat seolah-olah tanpa oper gigi macam matik sungguhan.

Drag Bike, Babahe, semarang, jateng, pemula, Kudus
Knalpot SRP, power bawah lembut, atas….

Katanya kliker bermarkas di Jln Gajah Raya No.11 Semarang Timur, Jateng ini , ”Model begini bikin tenaga terus tersambug. Beda saat pindah gigi pakai kopling yang mengurangi laju rpm. Ini juga mengurangi gejala jumping.”

Trik ‘matik’ ini sendiri memang udah jamak di balap karapan, utamanya buat sport 2T. Jadi  joki langsung injek persneling tanpa main kopling  dan tanpa kurangi gas. Caranya? “Umumnya dimulai gigi 4-6, tapi ada juga yang dari gigi 2 sudah di ‘matik’. Cuma memang butuh ketelitian modifikasinya agar empuk  dan awet, khususnya untuk yang dimulai dari gigi 2 tadi,” beber Babahe lagi.

”Simpel kok, tapi kadang jarang diperhatikan.  Cukup modul antar gigi dibikin longgar dengan

Drag bike, Babahe, Semarang, Jateng, Kudus, pemula
Ramuan matik dan final gir

ujung mata gigi yang tirus. Bubut juga as rasio minimal 0,5 mm. Hitungan antar gigi juga close, agar mudah pindah,” sahut AB Bendol punggawa ABRT (Salatiga) yang juga langganan menerapkan trik yang sama.Intinya, jurus ini cocok buat pemula yang cara oper giginya masih ‘sembarangan’. Wkwkwk

Spesifikasi lain, ”Karakter power, startnya lembut tapi atasnya jalan. Bisa didapat dengan porting blok yakni eksos 28.5 mm transfer bilas 42 mm, pengapian Ninja AC,” kata Babahe seraya menyebut  karbu reamer 31 mm dengan main jet 148 pilot jet 55. Pastinya, ditunggu catatan waktu yang lebih tajam di event berikutnya. Gass! Ardel

Drag Bike Proliner ManiakMotor.Com

BAGIKAN