nhk

Drag Bike 2016:  Ninja TU ABRT20, Karya Terbaru Sukses Podium, Eksos 27, 5 mm!

dragbike,ABRT,Ninja TU, Jogya, Kajen, Bendol

ManiakMotor –  Baru dua kali ikut lomba,  Ninja TU milik Kenny Komla asal Waingapu, NTT sudah langsung sabet podium pertama di evebnt Kajen, pekalongan, Jateng (25/9). “Sebelumnya di AHRS Sleman dan kedua di Kajen langsung podium dengan catatan waktu 7.130 detik oleh Niko Sakau,” bangga AB Bendol. Pastinya, itu catatan waktu kompetitif di salah satu kelas dengan persaingan yang ketat.

Dragbike, Ninja TU, ABRT, Jogya, Kajen, AHRS
Eksos 27 mm

Sang juru kilik Bendol membagi elmu atas kesuksesan jokinya. Dibanding dengan sebelumnya,  ”Beda di eksos lebih lebar, jadi peak power bandnya lebih dekat dengan rpm yang paling tinggi yakni 9-10 ribu rpm,” buka AB Bendol soal karya terbarunya ini. Mekanik asal salatiga, Jateng itu memang identik dengan spek sport 2T 155 TU. So, memang tak terhitung ada berapa Ninja TU yang sudah diproduksi.

Terbaru, ya milik Kenny Komala asal Waingapu, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang langsung sabet podium. Nah, eksos Ninja TU ini adalah 27,5 mm dengan lebar 44,5 mm. Coba dibandingkan dengan sebelumnya dengan eksos 28,5 mm dan lebar 42,5 mm. Perubahan itu selain mengubah peak power alias puncak tenaga juga karakter power.

Bragbike, Ninja TU, ABRT, Niko Sakau, Jogya
Knalpot by ABRT

“Eksos lebih tinggi, peak power geser ke rpm atas. Hitungan 27 mm memang lebih optimal ,”jelas Bendol seraya menyebutkan perubahan karakter selain dari eksos juga dipengaruhi pada set up knalpot.  Penyesuaian perubahan karakter itu adalah pada perbandingan kompresi. ”Buretan head 14,5 cc dengan kompresi primer yang padat,”sambung Alfian, asisten ahli Bendol dari markas mereka di Perum Pabean Makmur, Pabelan Salatiga Jateng.

Kompresi primer yang dimaksud adalah kompresi bawah. Efek kompresi padat salah satunya  campuran bahan bakar dan udara yang termampatkan tersebut akan lebih cepat mengalir ke ruang bakar.

Dragbike, ABRT, Ninja TU, Niko Sakau, Bendol
Karbu PWK 38 Air Strike

“AHRS lalu memang belum ketemu, apalagi trek basah. Kajen kemarin seperti mulai tune in. Tunggu di event selanjutnya,”ujar Kenny yang mengisyaratkan Ninja TU dipersiapkan untuk main di hajatan maniakmotor pertengahan November mendatang. “Motornya sudah nyaman, enak atas, bawah juga dapat. Pokoknya cocok dengan karakternya,” komentar Niko Sakau yang kembali onfire.

Kalau begitu ikut event maniakmotor.com seperti info di bawah ini. Ardel

 

 

Drag Bike Proliner ManiakMotor.Com

 

 

BAGIKAN