nhk

Drag Bike 2016; Ninja TU YPM 55 Militan, PWK Air Strike 38 Menggigit Saat Direamer (Lagi)

Ninja 155 TU Drag Bike

ManiakMotor – Sepintas terlihat sepele, tapi justru diklaim jadi ‘menggigit’. Begitu yang disebut Setyoko akrab disapa Penceng. Doi juru korek Ninja TU YPM 55 Militan Racing Team asal Malang, Jatim. Modalnya karburator PWK 38 Airstrike yang diutak-atik lagi, bukan berarti nggak puas buatan pabrik Keihin.

Namun disesuikan dengan jurus korek mesin. Ya namanya juga mekanik balap. ”Caranya karbu 38 mm direamer (diperbesar) lagi jadi 40 mm. Lantas jarumnya diganti lebih besar dari kode DDJ menjadi DDQ. Power atasnya lebih banter dengan kombinasi pilot jet dan main jet 165/68,” rinci Penceng yang punya workshop di Klaten, Jateng itu.

Ninja Drag Bike 150
Semangat terus

Racikan itu terbukti manjur di event Gresik, Jatim (6/11) lalu. Ninja TU milik Yoega ini podium kedua dengan catatan waktu 7.2 detik. Itu pun katanya ada gangguan pada knalpot, “Dibanding bebera seri sebelumnya, powernya mulai optimal. Sayang kemarin knalpotnya penyok,” kata Erwin Sredek, joki andalan tim yang bisa disebut pendatang baru.

Mau dikata apa kalau pelat knalpot racing menjadi peot. Ada dua kemungkinan dengan penyoknya perut knalpot. Bisa jadi lebih manjur, sebaliknya merugikan sekali, bung. Kalu ini pada taraf merugikan turbulensi gas buang 2T yang 30 persennya menyumbang tenaga. Dengan penyoknya knalpot tersebut, persentase tenaga yang disumbang knalpot menyusut saat bermain di Gresik.

Kembali ke settingan karbu tadi. Katanya krbu ini punya keunggulan lubang nosel lebih besar, yakni 10,5 mm. “Torsinya jadi besar dan tinggal kecermatan setting sesuai lokasi,” ujar Penceng yang memadukan dengan setting final gir 13/38.

Penceng juga mengabarkan akan lihat-lihat ikut Proliner UMA RCB Drag Bike Maniak 201M. Sebelumnya dia sudah siap-siap ikut pada 12 – 13 Nomber 2016, namun tanggal dan tempat berubah. Ya maaf deh. Soalnya lokasi awal dipakai kegiatan kampus dan terpaksa diundur pada 3 – 4 Desember 2016. Ingat lokasinya juga dipindah ke Delta Mas, Cikarang, Jabar. Ardel

Drag Bike ManiakMotor Desember 2017

BAGIKAN