nhk

Drag Bike 2016: Piston Moto 1 (One) Racing, Tipe Casting 4T Ampuh Di Liaran Selembaran

ManiakMotor – Pemain 4T di drag bike sudah kenal piston Moto 1 (One) Racing. Tapi mereka menggunakan yang versi forging. Padahal yang tipe casting juga tak kalah ampuh dengan harga liaran, eh merakyat. 

Penjualan tipe casting 4T malah telah menyebar di kalangan liaran dan sangat disukai untuk kelas selembaran. Alasannya, karena kepakai dengan harga terjangkau di liaran, terutama jarak 500 meter. Pokoknya, untuk satu set piston Moto 1 Racing diameter 58 mm tak lebih dari Rp 400 rebu. Itu masih ditambah dengan satu set ring RK.

Kenapa disukai? Karena kelas liaran selembaran mencurinya dari naik stroke. Saat naik langkah piston ini, taruhan korek mengoreknya pada puncak piston yang makin dalam dimakan coakan payung klep.

Semakin tinggi stroke, kian banyak puncak piston nongol dari bibir silinder. “Biasanya pada piston yang lain, coakan payung klep nggak bisa dalam-dalam karena akan bolong,” jelas Felix Judyanto, mantan pembalap road race papan atas Suzuki yang juga penggemar piston Moto 1 Racing.

Puncak piston Moto 1 Racing sudah diakali lewat konstruksinya. Tentu saja lewat riset dari liaran. Pada wilayah permukaan piston yang akan digali pisau bubut untuk payung klep, daging metalnya dibikin tebal. “Jadi coakan payung klep bisa dibikin lebih dalam dan silakan stroke makin naik sebisanya,” cerita Bong Edwyen  dari Moto 1 Racing alias CMS di Kemayoran lewat risetnya dari liaran benaran.

Bong Edwyen tak lain adalah Koh Apeng. Itu nama yang sebenarnya pemain lama di balap motor papan atas Indonesia. Kalau mau tahu soal dia, ya dialah yang mempopulerkan tim profesional sehingga tim balap motor seperti saat ini yang kamu lihat. Masih ingat kan tim CMS yang saat akhir 90-an terkenal dengan Inter Biru-nya di balap underbone 2-tak. Di tim itu, segala macam up to date teknologi racing saat itu asalnya dari CMS alias Champion Motor Sport. 

Eh balik lagi ke piston Moto 1 Racing yang tersedia untuk satu ring dan ring ganda. Alasan lebih banyak diriset dari liaran, lebih real soal temuan. Selanjutnya hubungi Moto 1 Racing di Jln. Bendungan Jago, No.2, Jakarta Pusat 10650, telepon +6221-42875040, 42875732, fax +6221-4240649 email: cmsbeb@gmail.com. MM  

BACA JUGA

Piston Moto 1 Racing: Seher Lahir Dari Riset Liaran. Liaran Sebentar Lagi Legal..!

Drag Bike 2016: Foto Seksi Wiwi Mungils, Teken Kontrak Bersama Kawahara

Tips Motor: Kode Bearing/Laher Pastikan Sesuai Peruntukan

Drag Bike 2016 Banjarnegara: Bebek 200 4T TU, Awas FU Granat Ganas, Langsung 7.4 Detik!

BAGIKAN