nhk

Drag Bike 2017 Banjar: Jupie DKJ Perkasa Cetak Rekor 7.903 Detik, Knalpot ABRT20 28.8 dk!

Ninja 130 TU, Bendol, Banjar

 

ManiakMotor –  AB Bendol, juru korek Jupie milik DKJ Perkasa berani mengklaim inilah rekor Jupie 130 TU terkencang se-Indonesia saat ini. Adit Coco sebagai joki mengukir waktu 7.903 detik, tapi bukan saat lomba melainkan penyisihan Pertamax Drag Bike Championship (seri 2) di Banjar Patroman, Jabar (13/5).

Soal waktu Bendol tidak kaget. Justru heran dengan hasil dyno yang tembus 28,8 dk dengan torsi 16.  Terbukti, kencang kan, bangganya seraya bilang kalo test dyno dilakukan di Moto Tech Jogja.

Bendol  blak-blakan soal yang jadi pembeda dengan riset sebelumnya. Katanya, kali ini pakai kruk as Crypton. Keunggulannya, torsi lebih gede dan derajat kruk as bisa digeser karena ada balancer-nya. Torsi kuat  didukung knalpot andalan ABRT20 Muffler. “Dimensi knalpot,  diameter leher 26 mm, silinser panjangnya 24 diameter, saringan 45,  panjang ram lubang 8 cm ,”beber Bendol yang memainkan perbandingan kompresi 14,8:1.

Angka perbandingan kompresi yang lumayan tinggi untuk memadatkan gas bakar yang disuplai oleh karbu UMA 30 mm. Jalur sirkulasi dibuat efisien dengan porting yang cermat. Portingnya 26,28,30,26,5 dengan diameter klep 30/25.

Riset yang jitu sama saja bohong jika tidak didukung faktor lintasan. Soal ini, Eko Chodox Sulistyo (Semarang) jauh hari sudah bilang. Katanya, lintasan memang oke. So, rekor ini wajar dan bisa diulang lagi. Tuh, dibabak penyisihan ada lima Jupi yang juga cetak 7,9 detik. Yup, ada Jupie V-Reinz, Putra Tunggal Manaha dan Rannal Racing Team yang notabene garapan Mlethiz MBKW2. Pantas! Overall, asli paket komplit buat cetak rekor yakni performa, lintasan, joki dan hoki. Oke deh! Ardel

 

BAGIKAN