nhk

Drag Bike 2017 Boyolali: Korekan Sederhana Ninja STD Las Vegas, Rasio Matik ABRT20

Ninja Las Vegas 2017

ManiakMotor – Kruk-as saja bawaan motor yang hanya dikorek-korek. Begitu Ninja STD milik tim Las Vegas yang bukan dari Amerika ini, mengaku berkonsep sederhana pada kilikan mesin. “Kebanyakan onderdilnya serba bawaan motor, jadinya ingirit. Terpenting optimal pada pipa gas buang. Tapi berani kasih target tiga besar,” bilang AB Bendol, kliker Ninja STD milik bos karaoke di Magelang, Jateng ini.

Benar kan bukan dari kota judi di Amrik sana. Target itu dengan lawan yang ketat bukan perkara gampang. Apalagi di di event Pertamax Drag Bike Championship yang memainkan seri perdanya Minggu (23/4) di Sirkuit Komplek Perkantoran Terpadu, Boyollai, Jateng, di sana sangar semua. Yang tampil serius. Datang dengan penyegaran semua komponen.

Nemun Bendol nggak khawatir, dia percaya diri pada model portingan Ninja STD. Contoh, setiap wartawan selalu bertanya soal tinggi eksos. Ingat itu hanya patokan ukuran seperti pada motor ini yang tingginya 29,5 mm, lebar 43 mm dan transfer 43 mm. “Tetapi semua itu terpulang pada tangan mekanik soal seni memporting saluran masuk dan buang. Setiap mekanik ada kunciannya,” tambah Bendol.

Menurut Bendol, bila mesin sudah kuat, tinggal atur rasio. Nah kebutulan nih, Bendol juga memproduksi rasio ABRT20. Katanya materialnya kuat dan hitungan juga close. “Boleh pesan model matik juha,” ungkap Bendol yang bakal andalkan duey joki Kiki Codet (Demak) dan Sukma (Salatiga).

Lalu, untuk formulasi rasio yang dimkasud 16/28, 20/28, 20/24, 22/23, 23/23, 22/21. Pastinya, hitungan itu sudah model ‘matik’ biar rpm-nya nggak putus alias nyambung terus. Katanya, matiknya langsung sejak gigi 1. Yang disebut matik itu mirip SSG di MotoGP, hehe. Ya persis juga CVT matik yang nyambung terus seperti nggak terjadi pindah gigi. Model matik ini mampu pertajam hingga 0.1 detik. Catatan segitu sangat berarti di drag bike. Ardel

BAGIKAN