nhk

Drag Bike 2017: Duo FU STD UJM Salax Speed, Serupa Beda Rasa, Tapi Sama Jawara!

Drag, UJM Salax, FU Std, Jateng

 ManiakMotor – Di pentas drag bike nasional, nama Banjarnegara tak kalah mentereng diwakili tim UJM Salax Speed milik Surono. Utamanya, pada spek bebek 150cc 4T STD alias FU STD, kelas yang belakangan kerap jadi kelas point macam di Purbalingga dan Pemalang (Jateng) baru-baru ini. ”Saat ini kita punya dua FU STD untuk Jateng dan Jatim yang serupa tapi beda spek, dua-duanya best time 8,0 detik,” bilang Papa Ron’s, sapaan akrab Surono.

Duo FU STD itu sama-sama jawara, bro! Di Pemalang kemarin, empat dari lima podium bebek 150cc 4T STD disikat FU STD karya Supriyono akrab disapa Upik from UJM (Yogya). “Secara umum, spek sama. Kalo Jatim tinggal ganti knalpot yang leher-nya standar dan silencer tampak luar standar. Sedang Jateng lebih longgar, leher bebas, silencer standar bedel. Tapi sebaliknya, Jatim karbu lebih longgar, standar tapi boleh direamer abis, Jateng harus standar tampak luar,”jelas Upik yang memang langganan hasilkan FU STD Jawara.

Mantap! Pastinya, dengan kelas STD macam ini,  “Untuk mesin, kuncinya di porting dengan cara ngilangin permukaan yang kasar ama ngilangin proyeksinya. Luasan area sudah cukup untuk karbu, klep ini dan diameter piston. Masih cukup untuk mendapatkan letak torsi puncak dan tenaga puncak di kisaran 10.000-13.000 rpm,”urai Upik.

“Next, semoga bisa tetap mendominasi di event-event bergengsi. Persaingan di FU STD juga lebih ramai lagi,”harap Rons seraya mohon doa semoga ayahnda yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit segera membaik. Amin! Ardel      

 

BAGIKAN