nhk

Drag Bike 2017: Fantastissss!! Ninja STD Aneka 7.167 Detik Pecah Rekor, 43 HP Coy!

Ninja STD, Dragbike, Aneka Pekajaman

ManiakMotor – Tentu ada yang heran, kok Ninja std bisa segitu? Porting dengan tinggi exsos 29 mm, transfer naik 1,5 mm.  Kata si juru korek, bentuk portingnya serupa bulat telur karena punya kelebihan untuk torsi dan rpm. Torsi pada tenaga bawah, rpm untuk putaran atas. Alhasil, Ninja STD ini cetak rekor fantastis 7.167 detik di event di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jatim (29/4).

Hasil yang diraih Ninja STD milik tim Aneka Group Pekajaman, Surabaya Itu menajamkan rekor Ninja STD Tuan Penjahat dengan best time 7.173 detik karya Setyoko alias Penceng.  Nama Aneka identik dengan Widhy selaku pemilik tim dan bisa disebut salah satu tim papan atas saat ini. “Secara konsep mirip-mirip dengan sebelumnya, tapi memang kali ini lebih detail,”buka Nugroho alias Potter punggawa OTD Racing Yogyakarta.

Efek dari porting itu peningkatan power signifikan. Kata Potter, sebelumnya di 39-40 HP sekarang naik 3 HP jadi 43 HP.  Pastinya, dengan detail porting itu bikin efisiensi volumetrik naik. Gas bakar yang termampatkan lebih efisien. Mekanisme penyaluran tenaga juga lebih optimal dengan hitungan rasio yang tepat. Modelnya dibuat matik sejak gigi 2. Rpm nggak drop setiap perpindahan gigi. Adapun rincian rasio, Potter memberitahu 16/29, 18/25, 20/24, 22/23, 5 dan 6 STD.

Selain porting dan rasio, tenaga juga efektif naik dengan set-up knalpot. “Hitungan knalpot juga lebih cermat sesuai dengan konsep porting. Dimensi diameter perut 40 mm, leher 38 mm dan panjang silinser 25 cm,”rinci Potter yang doyan main retro car itu.

“Powernya memang udah enak. Faktor lintasan juga mendukung. Asal power udah oke, main di GBT rekor bisa terus dipertajam,”tutup Jhendra Peking, eksekutor alias joki yang pegang rekor ini.   Ardel

 

 

BAGIKAN