nhk

Drag Bike 2017: FU Porting Dari Pangkal Pinang, Karya Lokal Tembus 7,9 Detik, Woww!

FU Porting, Vidal, Pangkal Pinang
Ada tangki di bawah jok

ManiakMotor – Kelas FU Porting dibikin heboh lantan FU Porting B-Pazz Kentang Terbang tembus 7,8 detik di drag bike Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta (11/2) lalu. Tapi, dari luar Jawa ada FU Porting bisa mendekati itu. Waktu terbaiknya  7,9 detik saat tarung di kandang sendiri Pangkal Pinang, Bangka-Belitung.

Kuda besi karapan itu milik Vidal Speed Shop asal Pangkal Pinang, berarti karya local.  ”Best timenya 7.911 detik oleh joki Noka Kurcaci asal Lampung,”sebut Zico. Patut dikulik bagaimana Zico meracik motor milik Kevin Gentong ini. Kuncinya, katanya tetap pada porting dengan cara hilangan kulit jeruk. Trik ini untuk memperlancar flow dan gas buangnya.

Untuk lubang inlet dan outlet, Zico bilang ukurannya  29,5 mm (in) dan 28,5 (ex) dengan klep masih pakai standart. Gas masuk tadi dipadatkan pakai piston NPP oversize 150 dengan perbandingan kompresi 14:1 (packing selembar). “Noken as tetap standart tapi noken outnya diganti noken in alias in-in. Trik itu double kem ini bikin nafas dan tenaga motor tambah. Tapi memang butuh kecermatan dan ketelitian dalam pasangnya,”jelas Zico.

Yup, trik macam itu memang dibutuhkan pada spek FU porting yang memang terbatas oleh regulasi. “Kedepan bakal riset lagi yakni bikin rasio yang dimatik, yakin bisa tembus 7,8 detik seperti di Jawa,”sesumbar Zico yang saat ini meracik rasio dengan firmulasi 13/32, 16/25, 19/25, 22/21, STD.  Min di Jawa, dong! Ardel 

 

 

BAGIKAN