nhk

Drag Bike 2017 Sragen (Jelang): Ninja TU RDT, Membran STD 7.098 Detik Tantang Sragen!

Ninja TU RDT, Dragbike, Sragen

ManiakMotor – Best time Ninja TU ini tembus 7.098 detik di Kejurnas Drag Bike Kebumen (30/4) lalu. Catatan waktu yang menjanjikan untuk ‘pendatang baru’ di spek 2T 155 cc TU. Yup, nama Ari Susanto dengan bendera RDT Putra Tunggal (Kudus) lebih kondang di spek 4T STD. Portal ini pernah mengulas korekan bebek 4T STD karya Ari,  http://maniakmotor.com/drag-bike-2015-pemalang-bebek-130-4t-standart-4t-jupie-rdt-8-9-detik-klep-titanium/.

“Ini tantangan yang harus dijawab. Apalagi, prinsip mekanikal 4T dan 2T beda.  Tapi konsep portingnya mirip, optimalkan flow rate,” ujar Ari yang buka workshop di Pelang Margorejo RT4 RW6 Dawe, Kudus, Jateng. Ia mengandalkan karbu PWK 38 Airstrike. Katanya, eksos 28 mm, transfer 42,5 mm. Bentuk portingnya bulat telur untuk power bawah dan atas yang kuat.

Nah, ternyata ada yang ‘beda’ pada part yang diaplikasi Ari, yakni membran. Komponen ini sering disebut reed valve atau katup bilah yang berfungsi mengatur masuknya gas bakar yang sebelumnya dari karburator. “Tapi aku justru lebih percaya diri pakai membran STD, nggak pakai V-Force pada umumnya. Selain lebih irit, atasnya malah lebih jalan. Kalo pak V-Force motornya lebih keras, jadi sulit dinaikkin,”ungkap Ari pada Ninja TU milik Azis Okta.

Efek membran STD ini akan dibuktikan lebih lanjut pada event di Sragen, Jateng (7/5) ini. Ardel

 

BAGIKAN