nhk

Drag Bike 2017 Wonosari: Jupie 130 4T TU OP 27, Warning! Udah Tembus 7,9 Detik, Spek Copy-Paste!

Chodox, Wonosari, Jupie 2017

ManiakMotor – Jupie 130 TU OP 27 tampil menjanjikan di dua event sekaligus, yakni Dirgantara VSC Drag Bike di sirkuit Lanud Gading, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta (11/3) dan GDS Drag Bike 2017 di Sirkuit GDS Klaten, Jateng (12/3). Dibilang menjanjikan lantaran baru diturunkan dalam tiga event terakhir tapi best time-nya udah tembus 7,9 detik.

Catatan waktu itu dibuat oleh Eko Chodox Sulistyo (Semarang) di babak pre final di Wonosari.  Sekaligus jadi salah satu Jupie penggoyang dominasi Jupie Mulya Abadi milik Juniar Amanda Putra. Yup, bisa begitu lantaran basic mesin keduanya adalah copy paste alias mirip-mirip.

Begitu yang dibilang Ajay, asisten Haris Shakti Wibowo alias Mlethiz juru korek kedua Jupie itu. “Klep 29/24, perbandingan kompresi 13,8:1, CDI Pro Drag 2 dengan rasio 13/33, 16/28, 21/29, 20/13,”beber Ajay seraya sebut hasil dyno Jupie ini udah tembus di 26,5-27 Hp.

Kuncian utamanya juga sama, pakai setang kruk as kode 5HV yang lebih konstan di rpm tinggi. Materialnya memang oke punya untuk mesin dikitiran tinggi. “Itu setang di Vega lama. Kelebihannya pada leher bambu yang lebih tipis dan tahan rpm tertinggi. Lebih tipis dibanding punya Jupiter, bobot lebih ringan,”kata Ajay soal kruk as yang dikisaran harga 450 ribu.

Pastinya, penataan juga tak kalah penting, kruk as bukan hanya kuat, tapi harus balance agar seimbang saat berputar. Salah setting pengaruhnya bisa 1 dk. “Ini masih dalam tahap uji coba. Target kita adalah di event lebih bergengsi dalam waktu dekat,”wanti Taufik Dwi Jatmiko alias Omponk pemilik motor ini. Waspadalah! Ardel

BAGIKAN