nhk

Drag Bike 2018: Berani Jupiter Z 200 CC TU, Nantang FU, Rangka Ajaib Suspensi RCB

Jupiter Z 200 cc

ManiakMotor – Basis mesin sih Jupiter Z. Tapi perhatikan rangkanya, ih seyem. Rangkanya sudah menyerupai mesin berdiri. Katanya untuk ergonomik motor itu sendiri. Dengan mesin tidur ala bebek 110 cc di zamannya, kalau rangka Jupiter Z kalau dibikin begitu, katanya mudah membelah angin. Wuzzz…

Sokbreker RCB

Yang lebih bikin bertanya lagi, Jupie ini akan dipermak jadi 200 cc. Mungkin ingin menggantikan Jupie 200 milik Pele tempo hari. Untuk dibikin 200, itu mesin macam dicetak ulang. “Kira-kira begitulah untuk mengejar volume 200 cc,” sebut Hendra, mekanik Pandawa Racing Team dari kawasan Cingkareng, Jakarta Barat yang belum mau banyak bicara soal trik menaikan mesin sampai 200 cc.

Sekadar diketahui saat Jupie Pele saat itu yang ampun-ampunan bersaing, telah menggunakan piston diameter 66. Itu pun belum mentok 200 cc. Lantas pakai diameter klep 34 mm untuk masuk dan buang 28.5 mm. “Kalau ini masih dipikirkan keamanan head. Hanya menggunakan klep diameter 33/28 mm. Sebab, kami menggabungkan mesin dan rangka bersama suspensinya,” tangkis Hendra.

Karbu UMA

Maksudnya, walau mesin kalah sikit dengan mesin FU yang sudah DOHC dan tegak, bisa akan melawan dengan model rangka mereka. Apalagi, suspensi motor ini menggunakan paket Racing Boy dan arm Bi-Pro. Mereka berharap dengan rancang bangun rangka, catatan waktu akan lebih singkat dari kemampuan mesinnya.

Bisa jadi untuk berharap mesin tantangannya sangat besar untuk dilajukan. Kendati sudah menggunakan ajimat karbu UMA Racing. Termasuk cara mengorek dengan referensi yang sudah pernah ada. Tunggu saja aksinya 2018 nanti, sebentar lagi. JK

BAGIKAN