nhk

Drag Bike 2018: Ingat Dengan KTM 250 SX? Pertama Di Indonesia 6.671 Detik 200M

Pertama kali diliput maniakmotor.com di Sentul 2012

ManiakMotor – Hanya kenangan cetak mencetak trek lurus 200 meter. Di FFA KTM 250 SX-lah yang merajai sampai sekarang belum dipecahkan catatan waktunya. Motor sebenarnya special engine untuk MX1 atau motocross paling puncak.

Sudah bentuk seperti di foto itu pertama terdeteksi di event drag bike Sentul 2012. Membawa Abirawa Racing Team pemilik awalnya. Saat dijoki oleh Taufik Ompong. Catatannya cuma 9.975 detik, “Karena saat itu masih riset,” kata Ompong saat ditemui di Senayan 2012 itu.

Dua tahun kemudian masih ada di markas Abirawa

Sasisnya menggunakan milik Ninja 150. Dudukan mesinnya dipermak sana-sini yang dikerjakan oleh Dodo Racing yang 2018 ini lebih senang main road race kelas 2T. “Makanya sasisnya sering retak, saking besarnya power,” kata Dodo saat itu yang untuk menyesuaikan jadi drag bike dari garuk tanah mengatur ulang perut knalpot lebih besar agar nggak terlalu liar.

Kalau soal mesin basis portingnya sudah spesial engine bro. Kan aslinya buat motocross yang sekarang kelasnya jadi MX1 dengan mesin 450 cc 4T. Sudah pakai magnet racing kelas wahid. Piston saja  Wiseco Hi Comp dengan diameter 64, 4 mm dengan stroke 72 mm. Ya memang 250 cc. Itu didukung dari pabriknya dengan porting kompetisi dengan kepala silinder bentuk kubah. Tenaga saja pakai rumah kopling almu forged, perkoling  Barnnet heavy duty dan kampas kopling karbon merek Barnnet.

Terakhir kabar motor ini dibeli Mihama Batik dari Pekalongan, namun saat ini atau 2018 sudah jarang kelihatan. Begitulah sekadar kenangan. Catatan fantastis dibuat Eko Kodok Sulistyo pada 23 Maret 2013 saat dia dikontrak Abirawa, tepatnya di event bergengsi Pertamina Drag Bike di Senayan. Catatan saat itu dengan 6.776 detik. Namun diterjam lagi pada event yang sama 6.671 detik. ManiakMotor

BAGIKAN