nhk

Drag Bike 2018: Ninja TU Baru Dibikin 6,8 Detik, Tinggi Lubang Buang 28 mm!

ManiakMotor – Untuk menghasilkan motor yang bisa cetak 6.8 detik di drag bike, adalah kombinasi. Kombinasi modifikasi dan part yang dipasang. Seperti Ninja TU 155 karya terbaru Ari ‘V-Reinz’ Setyawan ini.

Karbu PWK 39 mm bukan asal beli lalu dipasang otomatis kencang, bukan begitu! Tapi diameter karbu ini dicocokan dengan korekan porting khas V-Reinz. Angka tinggi 28 mm lubang buang atau exhaust yang digampang eksos, hanyalah patokan. Tapi bentuk dan lengkungan lubang, Ari yang lebih tahu.

Karbu lebih besar 1 mm

Angka 28 mm itu sangat ekstrem untuk mesin 2T. Makin singkatnya lintasan piston, kompresi harus tinggi dengan angka lubang begitu, “Makanya ini yang menentukan waktu ledakan di ruang kompresi. Harus dekat agar kompresinya nggak kelamaan. Part mesin juga harus baru setiap saat,” kata Ari sembari bilang untuk tinggi transfer 41.5 mm.

Sebenarnya ada perbedaan pada karya-karya Ari yang lama. Dia kan sering pakai  karbu PWK Air Strike 38. Katanya dengan venturi 39 mm, power atas lebih jalan. Untuk mengatur power bawahnya, ditugaskan pada riset knalpot ABRT20 berdimensi diamater leher 38 mm, perut 41 mm, pipa stinger 25 mm, panjang silincer 27 cm.

Hasil setting di Klaten memang tembus 6,8 detik. Main perdana di Pemalang, Jateng (15/4) lalu cetak 7,086 detik. Tapi itu podium pertama dengan joki Dicky GA. Saat itu juga wajib timbang 120 Kg dan trek sedikit nanjak! Ardel

BAGIKAN