nhk

Drag Bike 2018; Sera Senin Bukan Liaran, Tapi Championship, Juara King Of Ninja

Ninja juara dari Tryto

ManiakMotor-Ini terobosan baru. Sera alias kegiatan Senin dan Kamis trek lurus jarak 500 meter di Sentul Besar dibuat semacam championship.  Pada 18 Desember 2017 lalu, dilepas tuh motor-motor kencang 500 meter, tapi itu bukan liaran.

Wah hadiahnya menggiurkan

”Dibikin kaya kejuaraan, bayar pendaftaran (1 juta/motor) dan ada hadiahnhya. Memang belum pakai sensor lampu dan masih pakai bendera (sistem head to head). Dibilang resmi juga belum, lantaran belum pakai izin IMI. Gagasan yang bersemengat, catatan waktu bukan hanya cerita, tapi ada bukti,” ujar Tryto Anwar, bos Tryto Project, tim yang aktif hadir di Sera.

Tryto juga bilang, di Sera Championship ini ada dua kelas yang dilombakan yakni king of matic dan king of Ninja. “Kelas Ninja dengan spek Ninja STD ada 9 bengkel yang main. Peserta dari Jakarta dan sekitarnya,” ungkap Tryto pada kelas yang paling banyak sambutan tersebut.

‘Regulasi’ untuk Ninja STD seperti kapasitas maksimum 155 cc. Rangka harus standar dengan radiator bebas, magnet std modif, valve std, lidah membran bebas, karbu std modif, rasio bebas, kruk as bebas, CDI& koil bebas, dan piston std 59 mm.

Adalah Ninja STD Tryto Project sendiri yang meraih predikat King Of Ninja lewat joki H. Diyan Merie. “Bikin istimewanya, kita hanya pakai satu motor dibawa dua joki sampai final. Selain H. Diyan Merie ada juga M. Chabix,” lanjut Tryto.

M. Chabix sebagai joki senior menempati peringkat ketiga, dan posisi kedua ada Imam Ceper dari tim Abadi Jaya Racing.  “Ngomongin lintasan 500 meter, maka butuh nafas panjang. RPM di atas 13.000. Tidak hanya teriak, namun terus jalan,” ungkap Jay’s selaku juru korek yang menggunakan tinggi lubang buang  29 mm diukur dari bibir silinder.

Katanya, bentuk porting seperti bawaan asli Ninja 150 dengan karbu Keihin PWK38. Main-jetnya 165 dan pilot-jet 38, juga final gear diplot efektif pada perbandingan 14-31, “CDI pakai RC dengan koil YZ,” terang Jay’s yang menggunakan magnet yang dikurangi sampai 1.4 kg.

Maklum magnet kan untuk torsi putaran rendah. Ardel

BAGIKAN