nhk

Drag Bike 2020: MX-King 200 BMB Kopling Kering, 2 Injektor, Target 6.4 Detik, Pecahin Rekor, Ada Video..!

ManiakMotor – Pantas saja ada temuan yang aneh-aneh tapi cerdas dari BMB alias Bengkel Motor Biasa (BMB) untuk trek lurus, maksudnya drag bike. Di situ ada penasehat yang memang asalnya dari drag bike, yakni Bowo Samsonet. Mereka bikin MX-King dengan kopling kering. Waw… bisa pecah-pecah tuh rekor.

Tahu sendiri kopling kering. Itu kopling tidak terendam oli pada bak mesinnya. Dia di luar bak oli yang melumasi mesin. Bahan kampas koplingnya khusus. Ya, seperti di MotoGP yang menggunakan kopling kering. Daya dari mesin terhadap girboks langsung disalurkan pada roda. Tak ada jeda seperti kopling basah. Kopling juga tak akan terpeleset oleh pelumas.

“Untuk kopling kering MX-King mereknya SCK. Sifatnya PNP alias tinggal pasang. Karena kopling sudah bersama pelat pembatas oli yang melumasi mesin. Jadi, perangkat kopling berada di luar bak,” papar Bowo yang sekaligus jadi juru bicara BMB yang bermarkas di Duri Kosambi, Jakarta Barat itu.

Menurut Bowo sangat jauh berbeda dengan kopling basah. Reaksi tenaga pada roda spontan. Putar gas, tenaga langsung ke roda. Untuk mecapai kecepatan yang diinginkan untuk pindah reduksi sangat singkat. Tahu-tahunya motor sudah melejit, coba lihat video-nya di sini.

Apalagi mesinnya sangar. Sudah disuplai throttle body 40 mm dengan ECU aRacer, “Tapi kami menggunakan dua injector seperti pada video tersebut. Targetnya untuk memecahkan rekor nasional. Lebih tepatnya lagi saya rasa mampu 6.4 detik. Yang ada di video ini untuk spesifikasi Bebek 200 cc. Nanti akan diriset juga yang versi FFA 300 cc,” kata Bowo yang belum bisa cerita banyak karena masih riset, hehe. Raider

BACA JUGA

Drag Bike 2018: Ingat Dengan KTM 250 SX? Pertama Di Indonesia 6.671 Detik 200M

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353