nhk

Drag Bike AHRS 2016 Sragen: Bebek 130, Rahasia ‘Tusukan’ Jarum Karbu UMA 30 Jupie Putra Tunggal

ManiakMotor – Daffi Mini (Tulungagung) ‘menusuk’ di bebek 130 cc 4T TU. Hasilnya, bikin 15 finalis lain terkapar alias harus mengakui keunggulan Daffi bersama Jupiter Putra Tunggal Manahadap. Daffi yang asli Mini itu mencetak 8.004 detik. Best time itu tak hanya memupuskan harapan Erwin Sredek di podium pertama. Tapi juga memperbaiki catatan waktu Sredek di babak penyisihan. Nih, Drag Bike AHRS 2016 Sragen: Jupie 130 SSR Tercepat Dengan Karbu UMA di Bebek 130 4T TU.  

Usut punya usut, ‘tusukan’ jarum pula lah yang jadi rahasia podium pertama Jupiter korekan Yusuf ‘Hiho’ Nugroho ini. “Ya, karburatornya pakai UMA 30 dengan spuyer 102/68. Tapi jarum skep dicustom sendiri,”kata Hoho punggawa Ho2 Racing (Solo).

Kalo custom berarti dimodif sendiri. Bahannya dari kawat terus dibubut dengan diameter yang pas. Panjang sama dengan ukuran aslinya. Efeknya dari jarum custom ini rasio bahan bakar sesuai harapan pada setiap bukaan throttle. Maksudnya reaksi tenaga sama dengan hasil pembakarannya. Tenaganya kontan, nggak pakai kredit.

Beda cerita dengan jarum skep bawaan UMA 30. Bawahnya rada kering.  Kalo jarumnya klipnya dimainkan, hasilnya malah terlalu basah, eh atasnya kering lagi. “Hasil dyno tembus 27 dk, secara spek sama dengan seri sebelumnya. Hanya repair dan setting macam ganti pin piston,” tambah Hoho yang percaya hasil tusukannya merupakan akal-akalan khas balap motor tempo dulu.

Jupie Hoho yang bukan haha ini, memainkan angka perbandingan kompresi 14,7:1. Akselerasinya dianggap sudah oke dengan pempatan tersebut. Lebar putaran mesinnya dengan durasi kem 278o. Untuk mengimbangi debitnya, angkatan klep  9,5/9,6 mm. “Bebek 130 kelas yang berimbang. Ada kalanya butuh kecermatan mekanik macam jarum skep custom. Semoga bisa konsisten di event berikutnya,”harap Nanang Ariyanto, pemilik tim dengan kelir biru itu. 

Oke, selamat tusukannya! Ardel

BACA JUGA

Hasil AHRS Drag Bike, Sragen, Jateng 29 Mei 2016

Hasil Drag Bike Indramayu, Jabar 29 Mei 2016

Hasil Drag Bike Lumajang, Jatim 29 Mei 2016

Drag Bike AHRS 2016 Sragen: Juara Baru Di Bebek 200, Kompresi ‘Hilang’ FU Samodro

Drag Bike AHRS 2016 Sragen: Jupie 130 SSR Tercepat Dengan Karbu UMA di Bebek 130 4T TU

BAGIKAN