nhk

Drag Bike Bali 2018: FU 200 Nyaris Di Bawah 7 Detik, Kreasi Bandul Kruk As, Joki Cebonk & Adit C

ManiakMotor – Belum pernah dengar kan, Bebek 4T 200 TU terutama FU 200 hampir di bawah 7 detik. Ada sekarang! Datangnya dari Bali. Tepatnya terjadi di lintasan Oops Garage Bali Drag Bike, sirkuit Jl Pulau Serangan, Denpasar, Bali pada Minggu 27 Mei 2018.

Hasil

Sebenarnya kelas ini disebut Bebek 200 – 300 MX. Maksudnya buat FU wajib tetap 200, tapi Yamaha MX boleh sampai 300 cc. “Pembalap saya pakai FU 200 cc. Saya turunkan dua FU. Satu dijoki oleh Adit Coco dan satunya lagi oleh Alvan Cebonk. Kali ini lintasannya asli 201 meter,” sebut Mas Joyo dari Joyo Racing Bali yang mengorek motor tersebut.

Menurut Joyo bagian atas mesin tetap seperti umumnya FU yang cepat-cepat di trek lurus. Tapi dia punya kreasi baru untuk mempercepat torsi. Yakni, bandul kruk-as dipotong dan ditambal ulang dengan daging las. Kira-kira dimundurkan  10 derajat. Kemudian diatur ulang seperti kruk-as aslinya. Hasilnya momen puntir penghasil utama torsi, lebih kuat hasilnya.

Kuatnya dengan Cocot mencetak 7.099 detik di lintasan Bali yang bukan balap liar, tapi provinsi Bali. Sedangkan Cebonk menggunakan FU yang berbeda alias kruk-as seperti biasa mencetak 7.188 detik. Pokoknya keduanya mengalahkan mesin MX yang 300 cc milik V-Reinz.

Menurut Mas Joyo yang dulu di Jogja dan sekarang membuka speed shop di Bali itu, dengan bandul kru-as berubah rasio jadi lebih panjang-panjang hitungannya. Dia sih nggak sebut rumusnya, namun menyatakan kurang rapat agar lontaran kruk-asnya terasa. Final gir tetap dengan 14:41 seperti sebelum bikin kruk-as torsi.

Selebihnya seperti biasalah dengan karbu PWK 38 yang aktif mengumpan bahan bakar. Lalu dibakar CDI BRT. Eh, durasi noken-as 255º, klep in 27 mm/23 mm out, kompresi 14.5:1. Sedang kapasitas menggunakan seher diameter 72 mm. Raider