nhk

Drag Bike Banjar, (Lagi) Satria FU Sapuan, Sapu Final..!

ManiakMotor – Penyisihan Sabtu (1/12) kemarin FU milik Robby New Gaya Sapuan menyapu waktu 7.521 detik yang digebar Ardiansyah Ucil. Hari ini atau Minggu, 2 Desember 2012 saat final Campuran 4-Tak s/d 250 cc Pertamina Enduro Day Battle Drag Bike, Ucil gagal podium ke satu. Tetapi FU Sapuan tetap jawara di kelas itu dalam Enduro Day Battle Drag Bike yang berlangsung di Banjar Patroman, Jawa Barat.

Kali ini Cendy Gerry menyapu special engine (SE) macam Suzuki RMZ dan KTM. SE saja dilibas, apalagi motor lokal lain. Nggak dikasih angin bro. Adanya malah menghirup angin FU tersebut. Padahal, catatan di final tidak sekilat saat pre final kemarin.  Final kalah sekedip mata alias hanya dapat 7.706 detik. Catatan itu cukup mengangini, maksudnya mengasapai musuh-musuhnya. Wow…!

Penyebab lebih lambat bukan masalah mesinnya lemah pada daya tahan. Tetapi saat itu gerimis di langit Banjar. “Aspal mulai basah, pasti waktu melorot. Tapi motor saya sangat tenang di bawanya. Walau agak licin, dipanteng 6.000 rpm motor tetap mau jalan dan setiap oper gigi tidak pernah drop rpmnya,” ujar pembalap berkawat gigi itu.

Memang begitu ‘rasa’ atau karakter  rancangan yang mengutamakan panjang stroke ketimbang overbore. Dan itu memang tujuan awal Sapuan pada hasil modifikasinya, “Bila mengandalkan ovebore, tenaga memang lebih besar. Tapi joki akan repot menahan liarnya putaran bawah,” kata Sapuan yang suka bercanda sembari kecikikan sendiri. Hihihi…

Ada dua FU yang jadi bintang sebenarnya di event ini. Yakni pacuan Dwi Batank milik Abukura Ditra Jaya atau FU Solo. FU Solo ini yang merontokkan FU Kontroversi dan Jupie Pele di Tegal baru lalu. Keduanya menganut karakter modifikasi berbeda, tapi punya tujuan yang sama. Ya sama-sama ingin kencang dan juara. FU Solo lebih mengandalkan overbore dan FU Spuan overstroke. Sayang keduanya berlainan kelas. Catatan waktunya sih beti alias beda-beda tipis. Adit   

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi Drag Bike Banjar, 1 – 2 November 2012

Drag Bike Banjar, Satria FU Kalahkan SE 4-tak, Time 7.521 Detik

Drag Bike Banjar, KTM 250SX Tercepat FFA (Pre Final), Belum Wooow..!

Pertamina Drag Bike Banjar, Jalur A Dan B Berjauhan, FU Dan Jupiter Kembali Ketemu

KTM 250SX Drag Bike 3 Kali Di Bawah 7 Detik, Patah Sasis..!

Drag Bike Demak, ‘Kontroversi’ Satria FU 07.604 Detik!

 

BAGIKAN