nhk

Drag Bike Banjar, Satria FU Kalahkan SE 4-tak, Time 7.521 Detik

ManiakMotor – Lewat besutan Ardiansyah Ucil, Suzuki Satria FU milik tim Robby New Gaya Motor Sapuan,  menyapu  sepak terjang special engine macam KTM250 cc. Apalagi sport lain yang ikut  Campuran 4 Tak s/d 250 cc. Walah, penghinaan buat motor sport yang batangan tuh. Masak dikalahin bebek. Hehehe… Benaran tuh terjadi di penyisihan Pertamina Drag Bike di Banjar Petroman, Jawa Barat, 1 Desember 2012.

Menurut Sapuan yang tidak bawa sapu untuk menyapu lawan-lawannya ini, ceritanya soal ketepatan power motor. Katanya dasar mesin FU cukup fleksibel dibuat galak ataupun halus. “Saya mengubah motor itu punya tenaga lebih awal besar yang mudah diatur. Langkah toraknya (stroke) dibikin 72 mm (standar 48,8 mm) dan bore silinder 65 mm (standar 62 mm),” jelas Sapuan yang dulu tenar di road race dan sekarang di drag bike dan selanjutnya tetap tekum korek-mengorek di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Pokoknya, kerjaannya korek mengorek, klik mengilik dan setting menyeting.

Di drag bike belum ada aturan stroke harus standar seperti di road race. Di road race, hal itu dibatasi karena sangat berpengaruh pada performa dan karakter bawaan pabrik. Kinerjanya akan gila-gilaan dibanding mengubah bore. Dengan cara ini mesin awet, rpm tidak perlu melengking.

Paling utama adalah torsi. Karena tabung selongong silinder akan jadi panjang, membuat pemampatan bahan bakar lebih bulat dan lebih awal. Maka momen puntir idealnya juga didapat lebih dini. Itu efisien berlari di 201 meter. Jokinya sesuka dia membongkar tenaga dari rpm rendah.

Belum lagi ditunjang volumetrik bahan bakar FU yang dilayani empat klep, karena DOHC. Jadilah motor andalan di trek lurus. Jangan heran Satria FU itu dapat 7.521 detik di penyisihan Campuran 4 Tak s/d 250 cc. Kelas ini dihuni  semua jenis motor 4-tak yang penting sampai 250 cc. Kebanyakan sport dan lebih banyak juga SE yang biasa untuk garuk tanah yang porting-porting dan sukucadang mesinnya sudah spesial.

Intinya Sapuan mengubah karakter atau ‘rasa’ FU yang aslinya overbore menjadi overstroke. Tentu saja bukan asal permak, masih ada hitung-hitungan pengapian, kompresi, rasio dan sebagainya. Nah, tunggu saja tulisan modifikasi motor yang diberi rangka alumunium 7 kg ini. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi Drag Bike Banjar, 1 – 2 November 2012

Drag Bike Banjar, KTM 250SX Tercepat FFA (Pre Final), Belum Wooow..!

Pertamina Drag Bike Banjar, Jalur A Dan B Berjauhan, FU Dan Jupiter Kembali Ketemu

KTM 250SX Drag Bike 3 Kali Di Bawah 7 Detik, Patah Sasis..!

Drag Bike Demak, ‘Kontroversi’ Satria FU 07.604 Detik!


BAGIKAN