nhk

Drag Bike BMW R1200R Ala Nicolas Petit, Bisa Jadi Inspirasi

DRAG, BMW R1200R, NICOLAS PETIT

ManiakMotor – Kuat (baca: menang) di event drag bike tak cukup bermodal motor kencang. Hasil akan nihil jika sang joki terlalu berat dan kurang hebat. Dan ada satu faktor lagi, mengurangi hambatan angin (coofficient drag atau Cd) juga penting. Meski angka prosentasenya kecil. Nah, perancang Nicolas Petit memberi contoh motor drag dengan model BMW R1200R dan bisa jadi contoh.

Petit sadar betul, mesin Boxer BMW ini sedikit rumit jika harus dijadikan drag bike. Memang, di ajang pacu kebut, R1200R bukan pilihan terbaik sebagai dasar. makanya, di sini Petit tidak membicarakan kepraktisan melainkan soal desain.

Menarik dari goresan tangan Petit diubahnya lengan ayun standar menjadi model panjang. Ubahan ini bukan tanpa alasan, tak lain untuk mengimbangi sudut garpu depan yang ikut lebih dimiringkan. Efeknya, ketinggian motor berkurang drastis. Masalahnya, apakah regulasi di drag bike kita memboleh mengubah garbu depan.

Untuk mendapatkan aerodinamis, Petit merancang model tangki bensin monocoque-esque yang menyatu sama fairing dan jok. Sangat sederhana dan tidak menutup mesin, tapi arah angin dari depan sudah dihadang fairing. Trus, bagian bawah mesin juga ditutup fairing.

Itulah, desain drag ala Nicolas Petit. Siapa tahu bisa jadi inspirasi. Paling tidak, mendapatkan aerodinamis yang maksimal dan menakan bobot kendaraan. Maliq

 

BAGIKAN