nhk

Drag Bike Cicangkal 2017: Suhu Ban Kurang Ideal, FU 200 Batang/Batank Tetap Juara

FU 200 Batang rekor Indonesia 2017

ManiakMotor – Apa urusannya dilepas pagi sembari mendung dengan kemarin siang, lantas ngaruh pada catatan waktu? Ya banyak pengaruhnya brosist. Ngaruh pada Final Bebek 4T 200 di Drag Bike Cicangkal, Tangsel, Banten pada Minggu 5 Maret 2017 yang dilepas pagi.

Kemarin atau Sabtu saat penyisihan, rekor Bebek 200 dipecahkan FU Pells yang dikebut Dwi Batang. Dia mencetak 7.141 detik. Padahal trek Cicangkal dikenal sulit untuk mencari catatan waktu terbaik. Bukan karena kalitas aspal, kalau itu sih mantap. Itu sirkuit agak menanjak sikit. Rekor Indonesia sebelumnya adalah 7.165 detik dengan motor yang sama.

Nah kenapa saat final pagi Minggu 5 Maret hanya 7.173 detik. Selain rekor nggak selamanya selalu dipecah-pecahin, juga soal suhu. Penyisihan siang yang membuat ban mudah dipanaskan dengan burn out. Suhu lintasannya panas. Ban IRC Eat My Dust mudah dapat pegangan. “Pagi apalagi mendung, kompon ban sulit naik ke suhu yang kami inginkan. Saat start motor ada spin, roda belakang goyang,” kata Batang menceritakan situasi final, lantas diceritakan ulang pada sampeyan.

Batang sih sudah melakukan pemanasan terhadap ban belakang FU-nya. Caranya tentu dengan burn-out sebelum aba-aba start. Tapi itu tadi, aspalnya justru yang dingin. Apalagi di lokasi start, ada tenda panitia dan timing system. Ya makin lama suhu aspal di situ meningkat. Maka sarannya pada timing system start seharusnya nggak di bawah tenda. Itu tadi, panas aspal juga dibutuhkan ban peserta.

Sementara FU milik JRM Muffler Jakarta RRT YBS yang menjadi rival FU Batang puas kedua. Itu FU digas oleh Kiki Codet yang menulis 7.218 detik. Sedang Lintang Komara pakai FU sama saat penyisihan bisa 7.1 detik, di final ke-4 dengan 7.290 detik . “Motornya sprint Mas terlalu besar buka powernya tidak sesuai. Ditambah lagi di area start ada pasir lembut,” jawab Lintang.

Lintang lupa dia start di saat aspal belum panas seperti cerita di atas tadi. Panjul

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Cicangkal, Serpong, Tangsel, Banten 4 – 5 Maret 2017