nhk

Drag Bike Cimahi 2013, Matik 200 Cc Frame Standar, Catatannya? Ya Klik..!

 

ManiakMotor – Ikut-ikutan dengan Sport 155 cc Frame Standar yang ramai peminatnya, kini Matik 200 Frame Standar sudah mulai dibuka kelasnya. Di Yamaha Xeon RC Idemitsu Fast Engine Nite Drag Bike Championship 2013 di Cimahi, Bandung, Jabar, 28 Desember 2013, kelas ini lumayan dapat sambutan. Catatan waktunya juga lumayan tajam.

Aturan main mesin sama dengan Matik Tune Up 200 cc. Bedanya ya pada frame atau rangka yang tidak bisa dipotong-potong, apalagi diganti. Sasis harus bawaan aslinya.

“Perlu trik berbeda ketika start, posisi setangnya tinggi, bagian depan kurang mendapat tekanan,” kata Ardiansyah Ucil yang juara pertama kelas ini dengan 8,108 detik, bandingkan dengan waktu terbaik di Matik Tune Up 200 cc yang bisa 7,575 detik.

Start pembalap lebih repot mendiamkan tunggangan, beberpa peserta malah angkat roda depan, tentu nggak sengaja. “Bobotnya lebih berat tapi dengan konstruksi sasis yang standar membuat motor liar saat dapat tenaga. Walaupun posisi setang diturunkan tetap saja gejala ini muncul,” ujar Ayip Rosidi, pembalap asal Karawang, Jawa Barat yang mampu meredam liarnya Yamaha Mio pacuannya.

Itu terjadi karena perbedaan bobot rangka standar yang bagian ekornya lebih berat.  Sementara moncongnya yang ringan. Di sisi lain tenaga yang dikandung bunda, eh, mesin sudah setara Matik 200. Sebut 200 kapasitas dinaikkan dan semua spek onderdil dibikin kompetisi. Jadinya si rangka standar bak kuda liar. Belum lagi, jokinya telah terbiasa yang liar-liar. Tapi, ini hanya sementara dan sebentar lagi mereka menyesuaikan.

Dengan kata lain motor harus diperlakukan lebih halus saat start, tidak bisa langsung bejek gas seperti di Matik Tune Up 200 cc. Ini yang menantang pembalap untuk bermain lebih cantik, “Ketika titik 100 meter terlewati, motor justru lebih stabil karena bobotnya yang lebih berat, selisih 5 kg dari Matik 200,” tukas Saiful Cibef yang namanya sudah tenar di Matik Tune Up 200 cc.

Namun sebaiknya ada beberapa aturan yang menjaga agar kelas ini punya pembeda lebih dari Matik 200 cc, “Harapan saya ini merupakan kelas yanglebih murah dibanding Matik 200 cc, missal knalpotnya cukup standar bobok, karburator pakai asli, biar ada tantangan juga untuk mekanik,” kata Popo, juru korek dari Wahana Baru Mihama Batik.

Nah itu lebih bagus. Adit

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Klaten, Jateng, 29 Desember 2013

Hasil Drag Bike Cimahi, Bandung, Jabar, 28 Desember 2013

Drag Bike 2013 Cimahi; ManiakMotor.Com Juara Di Xeon RC Standar Pabrik

Drag Bike 2013 Cimahi, Tia Bocil Paling Cantik di Cimahi

Drag Bike 2013 Klaten; FU 155 7,5 Detik Vs FU Injeksi

Drag Bike 2013 Cimahi, Bebek 200 Langsung Final, CDI Rextor Vs Angin

 

BAGIKAN