nhk

Drag Bike Jepara, Lintasan Basah, New Jupiter Z Pele Melejit..!

 


ManiakMotor Dalam kondisi sirkuit basah, menjadi anti buat Suzuki FU. Apalagi yang mendongkrak kapasitas sampai 200 cc lebih mengutamakan bore alias over bore, otomatis stroke tetap pendek. Tipikalnya sulit mendapat traksi ke aspal dengan rpm seadanya.  Seperti itu yang terjadi di Bebek  Tune-Up 200 cc dalam   Drag Bike Open Championship (DBOC) 2013 di sirkuit Jln. H. Shidiq, Jepara, Jateng (3/3).  Hasilnya pun Jhon Pells selaku joki New Jupiter Z Pele yang mencetak 07.986 detik.  

Stroke pendek seperti pada FU Solo dan FU Kontroversi akan diiringi menaikkan putaran tinggi lebih dulu. Itu untuk mencari puntiran yang pas. Terbukti Eko Chodox yang memacu FU Kontroversi, rodanya lebih banyak berputar di tempat ketimbang berlari.  “Kalau pun memperhalus putaran mesin, jadinya lebih hati-hati dan akibatnya, ya pelan,” jelas Chodox soal gagalnya doski di kelas bergengsinya bebek 4-tak ini. Boleh dikata kebesaran power. 

New Jupiter Z Pele yang berusan dirancang bangun sah saja melejit. Dari bawaan standar langkah torak sudah cukup panjang. Memang belum terlacak spek yang ia pakai. “Saat ini memang lagi musim hujan, jadi settingan dibikin smooth terhadap tarikan awalnya. Angkatan kem dibikin naik, biar tenaga pelan-pelan muncul  yang bersamaan dengan grip ban ke aspal,sebut Pele alias  Muh. Arief Sigit Wibowo yang biasanya pakai  lift 10,2 mm menjadi 10,7 mm. Pokoknya, dengan kem seperti itu, tenaga tidak muncul mendadak.

Berlari dalam lintasan lembab, si John yang memacu New Jupiter Pele tertolong dengan speksifikasi tersebut. Dia bisa lebih tenang, karena momentum putaran gas dan grip terasa saling isi. Karena jejak ban ke aspal lebih kena, tidak banyak mengoreksi laju motor.  Kendati New Jupiter ini menggunakan rangka Vega yang lebih ringan dari Jupiter. “Bagaimanapun perhatian tertuju pada kami. Moga-moga bisa lebih tenang,” pinta John sesaat sebelum start pada kelas yang ditunggu dan bikin riuh paddock dan lintasan  tersebut. 

Nyatanya, start Jhon mulus dan startegi bahwa  pembalap asli Pameksan, Madura ini akan pilih jalur A benar dilaksanakan. “Beda dengan start Chupank yang kurang mulus, motor sempat jumping.  Alhamdulilah masih bisa podium ketiga. Selamat buat Pele, next event jumpa lagi,”sportif Rangga Aditya, selaku manajer Kolor Ijo mewakili suara FU yang lain.

Trus yang kedua siapa, dong? Tuh, Yogi Keycot yang juga pakai New Jupiter Z Pele. Dia mebukukan 8,047 detik. Selanjutnya, dalam lomba ini belum terlalu terbukti kemampuan sesungguhnya New Jupiter, karena lintasan tidak normal alias wet race. Ardel

BERITA TERKAIT:

Hasil Kejurnas Grasstrack Pandeglang, Banten, 3 Maret 2013

Drag Bike Jepara, FU Standar, Siasiati Regulasi Dompet Tipis

Drag Bike Jepara, 470 Starter, Di Atas 20 Starter Pakai Penyisihan!

Drag Bike Jepara, FU Kepung New Jupiter Z Pele

Drag Bike 2013, Bobot Joki Jagoan Di Bawah 45 Kg..?

 

 


BAGIKAN