nhk

Drag Bike Kajen 2016: FFA Milik Ninja HA ft HK, Kompresi Setel Ulang!

Ninja TU 155 FFA MC Racing Team

 

ManiakMotor – Catatan 7.063 detik Ninja TU belum memuaskan tim HA ft HK MC Racing (HHMR) Racing lewat Bayu Ucil. Tepatnya saat tampil di Drag Bike Kajen, Pekalongan, Jateng (25/9-2016). Alasannya, motor tersebut harusnya berlari di bawah 7 detik. Memang sih juara di FFA disyukuri oleh HHMR, ya bersyukur sekali, malah, apalagi jokinya dapat amplop hadiah.

Karburator biang Ninja TU
Karbu PWK 38 AS dan perintilannya

Saat tampil di Kajen, semua jurus korek motor milik Eky Setiawan (Brebes, Jateng) itu sudah disusun rapi. Kompresi misalnya sudah dianggap tepat sesuai uji coba dengan tinggi lubang buang 28,5 mm. “Semakin kecil angka tinggi lubang buang yang lubangnya makin dekat ke bibir kepala silinder, ketelitian kompresi juga harus makin tinggi. Bila kompresi masih kurang, power juga akan berkurang,” kata Budi Bogel, mekanik Ninja tersebut.

Bogel juga tidak menampik walau best time di Kajen alias catatan tercepat dari semua kelas, soal  ketepatan joki, kondisi sirkuit dan sebagainya juga jadi penentu. Jadi katanya, speksifikasi ini akan dipertahankan pada beberapa lomba ke depan. Tujuannya, bukan langsung menyalahkan korekan sekarang, siapa tahu belum bisa di bawah 7 detik masih dipengaruhi faktor yang lain.

Ninja ini selain tinggi lubang buang ukurannya 28,5 tadi, lebar lubang buangnya 43 mm. Bertugas membuang pembakaran yang dikelola karbu PWK 38 AS. Karbu yang memang banjir di Ninja TU di arena drag bike. Karbu ini bekerja bareng dengan katup bulu   atau reed valve alias membran karbon V-Force3.

Tim HA MC Racing
Pasukan HA MC Racing, waw…

Nggak disebut saat di Kajen dengan perbandingan gigi akhir 14:38 menggunakan ukuran spuyer berapa pada karbunya. Juga tak disebut suplai udaranya sekrupnya pakai turn-out berapa? “Kami belum puas, namun bersyukur dengan juaranya,” jawab Bogel yang berjanji akan datang ke event maniakmotor.com pada 12 – 13 November 2016 nanti.

Eit… event tersebut menyediakan hadiah untuk menghargai karya mekanik dan joki. Jangan lupa ya tempatnya di Jababeka (Depan kampus President University), Cikarang, Jabar. Soal pedaftaran nggak dibikin flat, karena faktanya saat penyelenggaraan pada Agustus lalu, peserta malah kebanyakan mendaftar pada Sabtu. Akibatnya event bertajuk Proliner UMA RCB Drag Bike Maniak 201M itu pada Sabtu baru siang bisa dimulai. Semoga dengan adanya penambahan dana pendaftaran di hari ‘H’, peserta lebih tertib mendaftar lebih dulu. Yug

Drag Bike Proliner ManiakMotor.Com

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Kajen, Pekalongan, Jateng 25 September 2016

BAGIKAN