nhk

Drag Bike Kajen 2016: Rahasia FU Sstandaran UJM Salax Tembus 8.077 Detik

Suzuki FU 150 Standaran Drag Bike
Jpeg

 

ManiakMotor – Suzuki Satria F atau yang akrab disebut FU standar bisa cetak 8.077 detik, ya luar biasa. Biasanya kan di atas 8.2 detik. Rahasianya tentu soal membangun mesin, suspensi, rangka dan settingan di tempat. Catatan tadi dilakukan Hendra Kecil saat GM Drag Bike di Kajen, Pekalongan, Jateng (25/9-2016).  Selain Hendra ada juga Bagus Legowo yang ketiga pakai FU yang sama.

Karburator FU standar reamer
Kabur std reamer menggunakan velo city

FU tersebut dari tim yang satu daerah dengan dua reporter maniakmotor.com, hehe. Bukannya KKN, tapi faktanya juara. Ya itu dia  UJM Salax Speed milik Surono yang asli Banjarnegara, Jateng. Mekaniknya bernama Upik. “Saya  membangun FU 150 sesuai regulasinya yang terbatas. Murni korak-korek porting agar efisien di kelasnya,” jelas Upik dengan mimik yang senyum terus, karena juara.

Salah satu korekannya merekayasa kepala silinder untuk mendapatkan kompresi 13.5:1. Bentuk kepala silinder terhadap ruang bakar katanya masih menggunakan squsih aslinya. Hanya volumenya yang dikurangi sehingga kompresinya naik. Juha mangkok kepala silinder diperhitungkan dengan piston CBR yang punya dome lebih tinggi.

Di kepala silinder ini port in dan out, kata si Upik sih masih menggunakan porting aslinya yang dipoles. Polesannya mengilap yang bikin lalat terpeleset. “Lubang-lubang porting ini dibuka tutup oleh klep CRF. Per klepnya pakai per CRF  juga yang lift klepnya 9 mm. Pakai kem standar yang lobe atau bubungannya yang sudah dimodif,” tambah Upik yang sayangnya tak sebut apakai CRF150 atau 250 klep dan per yang digunakan? Bukannya rahasia, tapi reporter lupa bertanya, haha.

Peraturan kelas FU 150 std kudu menggunakan karbu std yang dibesarkan sendiri. Maksudnya dibawa ke ahli bubut untuk direamer sampai 28 mm. Karbu ini mengirim bahan bakar yang lantas dilepas oleh knalpot yang lumayan berhasil akal-akalannya. Buktinya juara kan dengan knalpot standar bobokan. “Rasio juga salah satu kunci bisa meneruskan tenaga lebih rata,” pungkas Upik yang pakai gigi 1 (14/30), 2 (15/24), 5 (23/23), 6 (25/23) dan yang giginya tak disebut menggunakan standar.

Mantap dan jangan lupa ikut event maniakmotor.com pada 12 – 13 November 2016. Judul eventnya Proliner UMA RCB Drag Bike Maniak 201 di Jababeka (Depan President University), Cikarang, Jabar. Yug

 

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Kajen, Pekalongan, Jateng 25 September 2016

Hasil Drag Bike Blitar, Jatim 25 September 2016

Hasil Drag Bike VSC Wonosari, Jogja, 24 September 2016

 

Drag Bike Proliner ManiakMotor.Com