nhk

Drag Bike Klaten 2016: Bebek 200 FU Simple Concept Tanpa Lawan, Penghibur Gatot

chodox-bebek-klaten

ManiakMotor – Eko Chodox Sulistyo belum bisa divonis gatot alias gagal total di event GDS On Throttle Drag Bike 2016 di Klaten, Jateng,  kemarin (4/9). Memang, salah satu pengebut trek lurus 201M papan atas asal Semarang ini keok di  kelas Ninja TU dan Ninja Std. Tapi, balasan untuk menjaga pamor namanya, ia satu-satunya pencetak waktu 7.2 detik di Bebek 200 4T TU, tercepat kedua menjadi milik Nanda Wijaya dari FU faster Chiki Poetra Mahesa dengan 7.4 detik.

Tapi, rekor 7.2 detik di trek GDS (Gantiwarno Drag Strip), Klaten bukan sesuatu yang fantastis atau mengejutkan. Ya, bisa dibilang biasa-biasa saja. Pasalnya, ketika tampil di ajang garapan ManiakMotor di Jababeka, catatan waktu lebih tajam lagi, yakni 7.1 detik.

FU  kilikan M.Yusron itu memang lagi jadi perhatian. Lebih lambat kecepatan FU di GDS dibilang oleh sang pengilik lantaran beda dengan sebelumnya alias baru.  “Tapi secara konsep masih sama. Pun begitu masih ada potensi yang bisa dikembangkan lagi macam diameter klep dan karbu,” ujar Yusron.

Beberapa FU yang sukses ukir 7.1 detik masih mengandalkan ukuran klep 27/23mm. Seperti  FU 200 karya M. Arief Sigit Wibowo alias Pele, misalnya. ”Punyaku juga masih di 27/23 mm. Yakin bisa lebih optimal kalo mau coba 29/24 mm, cuma memang waktu buat riset belum sempat,” sahut Pele. Tapi sayang, FU Pele absen di event yang dikomandoi Agung Setyawan itu.

Soal karburator, menurut Yusron bisa lebih optimal lagi dengan diameter venturi 40 mm. Saat ini masih main di 35 mm. Yusron belakangan kerap kawal langsung di beberapa event. Nah, bila saat ini,”Hasil terakhir tes dyno 33 dk, itu dengan dyno jet. Kalo dengan dyno  Rextor bisa di atas angka itu. Dengan memperbesar diamater klep dan karbu pasti naik lagi lantaran efisiensi volumetric juga meningkat,” yakin Pele.

Ya, kita tunggu saja! Ardel

BACA JUGA

Drag Bike Klaten 2016 : Jupie Kelir Gelap Ini Siap Acak-acak Kelas Bebek 130

Drag Bike Klaten 2016 : Chodox Apes Dilibas Dwi Batank, Pesona Monita!

Hasil Drag Bike Klaten, Jateng 4 September 2016

Hasil Drag Bike Paramount, Gading Serpong, Banten 4 September 2016 

Drag Bike 2016: Adi S Tuyul (Surabaya), Alami Insiden Saat Setting, 15 Jahitan di Pelipis!