nhk

Drag Bike Klaten 2016; Ninja STD Padi Jaya A2N Tech (salatiga), Kompresi Padat, Tenaga Kuat!

drag-padijaya-dwibtank

ManiakMotor – Kompresi bawah yang kuat jadi kuncian Ninja STD ini melejit tercepat di arena GDS On Throttle Drag Bike 2016 (9/4). Kawak  milik tim Padi Jaya A2N Tech (Salatiga) ini kuasai kelas sport 2T 155 rangka standart sebagai pemenang pertama. Motor mumpuni ditunjang gaya joki  Dwi Batank (joki) yang agresif. Kompresi bawah kuat sama artinya main di torsi.

Aang Mur  alias Aan sebagai juru korek tim milik Christian asal Majenang, Cilacap, Jateng 

menjelaskan konsep main di torsi. “Bagian tengah kalter dibubut 0,25 sisi kanan-kiri. Perbandingan kompresi 13,5: 1,” jelas Aan. Kompresi padat diimbangi pula dengan porting eksos yang ‘berani’, yakni 29,8 mm dengan lebar 42 mm dan transfer bilas 42,5 mm. Oh ya, untuk blok silinder Aan tetap pakai yang silver, sedangkan head PDK (Gold).

Hasilnya,”Tenaga di rpm bawah memang kuat. Kendalanya, trek licin.  Kalau kondisi trek ideal, optimis bisa main 7,3 detik,”kata Batank yang memang cocok dengan karakter bawah yang liar.

Menarik dicermati soal pilihan bandul kruk as yang tetap standart alias nggak pakai yang ZX. “Kalo ZX terlalu berat bobotnya. Tetap pakai standart tapi perlu ada trik khusus, yakni diteflon biar tenaga atas lebih ngacir,”urai mekanik. Katanya, selisih bandul bawaan dan ZX bisa sampai 200 gram. Artinya, power bawah-atas memang dioptimalkan dengan dua cara tadi yakni kalter tengah dibubut dan bandul tetap bawan diteflon. 

Eit, rpm atas ngisi juga diakali dengan CDI Suzuki TS,”Dibanding RC memang lebih ngisi pakai TS dengan pengapian AC,”ujar Aan seraya merinci formulasi  rasio 16/30, 18/28, 19/28, 4,5,6 standart dan final gir 13/38. Lebih lanjut, Ninja STD ini bakal diuji kembali di event Semarang, Jateng, Minggu ini di sirkuit Tawang Mas. Gasss..Ardel 

BACA JUGA 

Drag Bike Klaten 2016 : Ninja STD SMS Motor (Klaten), Konsisten 7,3 Detik, Ini Rahasianya! 

Drag Bike 2016 Klaten: Ninja TU Padi Jaya A2N Tech (Salatiga), New Comer Andalkan Dwi Batank! 

Drag Bike Klaten 2016 : Jupie Kelir Gelap Ini Siap Acak-acak Kelas Bebek 130 

Drag Bike Klaten 2016 : Chodox Apes Dilibas Dwi Batank, Pesona Monita!

BAGIKAN