nhk

Drag Bike Klaten 2016 : Ninja STD SMS Motor (Klaten), Konsisten 7,3 Detik, Ini Rahasianya!

ninja-std-smsmtr-gdslead

ManiakMotor – Ninja STD cetak 7,3 detik, apa sudah hebat! Ninja SMS Motor yang dijokiin Roni Caplin dari Klaten yang mencetaknya, pantas dibilang hebat. Apalagi cacatan waktu itu dibuat di trek GDS (Gantiwarno Drag Strip) yang terkenal licin, meski di babak penyisihan pada event GDS On Throttle Drag Bike (4/9). Sedang finalnya terlempar dari 5 besar.

Lantas, kenapa dibilang hebat. Soalnya, Ninja STD SMS Motor itu, katanya sudah sering ukir 7,3 detik. Jadi, korekan mekanik Syamsu Wahyu ini menarik untuk dibongkar. Apa rahasianya?

“Kuncinya adalah start yang minim spin. Burn out diawal start salah satu cara guna meminimalisir spin,”wanti Caplin yang tak menampik faktor hafal karakter lintasan jadi penentu pula. Kalo secara teknis, Ipong menyebut air jet jadi salah satu kuncian. Yup, dengan regulasi yang terbatas, di kelas Ninja STD perlu kreativitas mekanik.

Nah, modifikasi air jet ini pun beri pengaruh pada power bawah yang kuat. “Air jetnya digedein, dari standartnya 0,5 mm dibikin 0,7 mm. Caranya, tinggal bor aja, tapi yang mata bor kecil 0,7 mm,”ungkap Ipong yang kalem itu. Air jet sendiri adalah salah satu komponen karburator yang berfungsi sebagai jalur masuknya udara dari moncong karbu yang akan dicampur dengan bensin dari pilot jet.

Power bawah yang kuat dari modifikasi air jet tadi didukung juga dengan bandul kruk as ZX. Konsep torsi kuat memang identik dengan bandul ZX,”Juga dengan pengapian YZ 80. Hitungan rasio juga kudu pas 19/29, 16/30, 19/27, 16/29,”rinci Ipong yang aslinya kondan di arena balap liar itu.

Oke lah, buktikan kembali di event berikutnya ya! Jangan lupa juga event maniakmotor.com pada 12 – 13 November 2016. Tajuknya tetap sama Proliner UMA RCB Drag Bike Maniak 201M. Kalau Ardel 

BACA JUGA 

Drag Bike Klaten 2016 : Sensasi Trio Ladies Sangar, Brake Out 9 Detik! 

Drag Bike Klaten 2016: Bebek 200 FU Simple Concept Tanpa Lawan, Penghibur Gatot 

Drag Bike Klaten 2016 : Jupie Kelir Gelap Ini Siap Acak-acak Kelas Bebek 130 

Drag Bike Gading Serpong 2016: Ninja The Doctor 06,903 Detik Di FFA, Rasio Moto 1 Racing

BAGIKAN