nhk

Drag Bike-MotorPrix 2017: TB Roy Facroji Basuni, Banten Punya Sirkuit,  Kurangi Balap Liar!

FACROJI, IMI BANTEN, DRAGBIKE
Insert: TB Roy Facroji Basyuni

ManiakMotor-Pengrov IMI Banten minggu ini jadi sorotan. Apa pasal? Pertama, terkait dengan sanksi PP IMI lantaran tetap ‘nekat’ bikin event drag bike yang barengan dengan kejurnas drag bike Tulungagung, Jatim (26/3) kemarin. Kedua, minggu ini IMI Banten sudah punya ‘nahkoda’ alias pemimpin yang baru untuk lima tahun mendatang. Dialah TB Roy Facroji Basyuni, sosok muda yang sukses jadi pengusaha dan punya kecintaan pada dunia otomotif.

Roy-begitu sapaannya-bukanlah orang asing di dunia otomotif Banten. Ia pelaku langsung sebagai offroader sejak 2003 di event Djarum Super Adventure Offroad bersama tim Banten Offroad. Saat ini tetap aktif, utamanya di trail adventure. Itu pula yang jadi dasar, pria kelahiran Serang 11 Maret 1981 pada akhirnya terjun di organisasi IMI.

Facroji (kiri) melakukan trail adventure

”Ketertarikan saya pada organisasi IMI berawal dari hobi otomotif. Selama ini saya mengikuti perkembangan organisasi IMI, khususnya IMI Banten. Sejak berdiri tahun 2000, IMI Banten terkesan berjalan apa adanya, berkembang agak lambat. Citra itu yang ingin saya coba hilangkan, mengingat potensi otomotif Banten sangat besar,”ujar Roy lewat whatsapp messenger.

Potensi otomotif yang dimaksud, salah satunya drag bike. Terbukti, event balap karapan di Banten seperti Cicangkal diikuti 600-700 starter. ”Drag bike salah satu yang tersubur. Event ini positif bisa  mengakomodir pembalap-pembalap liar tersalurkan dengan benar. Selama ini,  setiap malam Sabtu dan Minggu acap ditemukan anak-anak remaja Banten mengadakan balap tanpa ijin (liar). Ini terlalu berisiko dan bahaya untuk pelakunya sendiri dan masyarakat umum. Lewat event drag yang resmi bisa melahirkan pembalap yang handal bisa mewakili Banten dikancah nasional. Alhasil, bisa angkat citra dan nama baik Banten ditingkat nasional,”ungkap suami dari Irma de Vanty dan ayah dari Ratu Carissa Paquita Almyra dan Tubagus Keanu Aurellio itu.

Untuk itu, Roy yang juga aktif sebagai pengurus Kadin Banten dan ketua 2 Gapensi Kabupaten Serang itu  punya ‘terapi’ yakni perlu adanya sirkuit permanen. “Insha Allah kedepan kita akan bangun sirkuit untuk roda dua dan roda empat, aspal dan tanah. Saat ini dalam proses urus izin lahan. Mohon do’anya semoga segera terlaksana kota Serang punya sirkuit,”harap Roy. Semoga! Ardel   

BAGIKAN