nhk

Drag Bike Pati, Lurusnya Mantan Pebali

 

ManiakMotorSirkuit Jalan Lingkar Selatan, Pati, Jateng, aspalnya mulus dan jalurnya   lurus. Iyalah, kalau bengkok-bengkok tidak mungkin jadi tempat Drag Bike IMI Jateng Cup 2012 seri-2. Balap ini diikuti 261 starter dan salah satu yang terdaftar Eko Chodox. Chodox selalu jadi bintang dan termsuk pada event yang dibikin 30 Juni dan 1 Juli 2012 tersebut. Dia hanya dapat tantangan dari Dwi Batank dan David.

Chodox adalah mantan pembalap liar (pebali) yang sakses di balap resmi dragbike. Dia seperti umumnya pebali dari kalangan biasa.Tetapi, beralih jadi pembalap resmi trek lurus, karena menganggap punya kehidupan di sana.  Drag sama dengan road race, motocross dan balap profesional lain.  Jika ingin bertahan,  skill harus terus diasah,” bilang Chodox yang mengembara dari lomba ke lomba dan minimum Rp 3 juta perminggu yang dikantongi.

Contoh di Pati ini, dia ikut empat kelas. Lawan beratnya hanya Dwi Batank dan David. Dia tdak meleset dari podium setiap kelas diikuti. Jangan heran dari karirnya itu,  dia berinvestasi mobil, rumah, tanah dan tabungan masa tua. “Mas Chodox harus dicontoh. Dia rapi mengatur keuangannya dari balapan,” puji Batank yang mengaku tidak meneruskan lomba kejurnas Surya 12, lantaran telah ketinggalan poin.

Termasuk lompatan Chodox bikin tim sendiri setelah 10 tahun malang-melintang di trek lurus. Kendati Malang itu tidak melintang, kan itu kota di Jatim, bung. Sudah! Siapa tahu juga masih sesekali balap ‘haram’ alias bali. Becanda! Kan siapa tahu? Sebab, kebanyakan pembalap dragbike  masa kini, statusnya pinjaman dari tim ke tim.

Tapi, Chodox punya kalkulator sendiri soal karirnya. Itu namanya punya otak bisnis. Katanya, dia tak selamanya bergabung dengan tim orang. “Meski harus modal besar dan  membangun motor sendiri. Ikut tim orang soal hadah misalnya, dibagi 50-50. Coba punya sendiri, hadiah juara seperti di Pati ini milik tim dan operasional?” kata Chodox seraya bilang 4 motornya sekarang sudah BEP (break event point) alias sudah kembali modal, tak sampai setahun.

Jalan cerita balapnya mana. Tuh dihasil lomba yang bisa dibuka di jendela RESULTS. Ardel

BERITA TERKAIT:
Drag Bike Pati, Jateng, 1 Juli 2012
Surya 12 Dragbike Lumajang, Gaya Balap Atau Pembalap Gaya..?
Surya 12 Dragbike Lumajang, ‘Merumus’ Tekanan Ban
Hasil Seri 4 Surya 12 Dragbike Championship 2012, Lumajang, 1 Juli 2012
Hasil Surya 12 Drag Bike Jombang, Seri 2, 24 Juni 2012
Hasil Lomba Dragbike Magelang, 17 Juni 2012
Hasil Lomba Surya 12 Dragbike Gresik, 16 Juni, 2012
Surya 12 Dragbike Asli Kejurnas…
Si Empuk Berbie Penakluk Drag
Yamaha F1ZR, Motor Drag Tiga Arena!



 

BAGIKAN