nhk

Drag Bike Pati, Setting Psi Ban, Setiap Motor Beda

 

ManiakMotor Mengumpamakan ban itu sama dengan sendal, sepatu juga boleh. Bila kualitas solnya  asal-asalan, sampeyan mudah  terpeleset.  Apalagi jika sendalnya mulai botak akibat usia, makin licin lagi tuh. Manusia dan mesin motor sama, tenaga manusia ditransper ke sendal dan mesin motor ke ban. Bedanya manusia punya keseimbangan sendiri. Sementara, ban pelilit roda mulit alat mekanis alas dan penggrip ke aspal. Ban bertugas untuk menyalurkan gerak dinamisnya roda.

Jika ban sering spin atau berputar di tempat saat roda dapat tenaga, artinya gripnya kurang, sema dengan sendal yang bikin sering terpeleset. Itu diakui para jawara  Cargloss AHRS Castrol Power 1 Racing Dragbike The Series 2013 (CACP1RDTS) di sirkuit lingkar luar Pati, Jawa Tengah, 24 Maret 2013.

“Utamanya belakang. Settingan angin, merek dan ukuran ban harus telitii,” sebut Deni Fauzan, Irfan Tayu  dan Dono Bad Boyz, wakil mekanik di kelas yang berbeda. Deni  pegang bebek, Irfan Tayu matik dan Dono BadBoyz menggarap sport.  Sedang penulisanya menggarap lap-top, kan menulis.

Dengan berat joki yang rata-rata  40 Kg dan bercampur suhu Pati yang panas, ketiganya mematok tekanan ban berbeda. Ya, jelas beda dong. Dari segi tenaga dan bobot saja sudah beda, tekanan ban juga harus beda.  Fauzan  memberi  19 psi pada FU. Lalu Dono yang mematok 20 psi pada Ninja dan Irfan yang pegang matik tuneup 200 cc 18 psi.

Dari ketiganya ini bisa dianalisa. Karena dari segi bobot dan tenaga, Ninja lebih kuat dan berat. Makanya psi-nya lebih tinggi dari FU. Psi yang terendah adalah matik karena bobot matik sudah ringan ditambah pembalapnya yang 40 kg dibanding dua motor tadi. Ya kan…?

Entah  kebetulan atau tidak, ketiganya memilih IRC Eat My Dust untuk ban belakang.  Itu sih bukan kebetulan, tapi benaran. Makanya, kabar hadirnya IRC Eat My Dust versi Indonesia disambut antusias, “Asal murah berikut compound dan ukurannya sama, mantap itu,kompak mereka. “Ukurannya  60/80-17, 70/80-17 (belakang) dan 50/90-17 (depan). Kompon dan kembangnya sama,” jamin Dodiyanto, seorang periset IRC dari lokasi balap di Pati. Ardel

BERITA TERKAIT:

Hasil Drag Bike Cargloss AHRS, Pati, 24 Maret 2013

Drag Bike Pati 2013, IRC Eat My Dust Resmi Dijual, Paaanas..!

Pertamina Drag Bike Senayan 2013, Sejarah Catatan Indonesia, 6,776 Detik Oleh Chodox Di FFA

Pertamina Drag Bike Senayan 2013, KTM SX250F 4-Tak Jagoan Campuran 4-Tak 250 cc

 

BAGIKAN