nhk

Drag Bike Pemalang 2017: Awas…!! Alarm ’Pembunuh’, Counter Down dan Pintu Geser!

Pemalang, alarm, counter down

ManiakMotor –  Kebayang nggak repotnya, kalo event drag bike diikuti 600-an peserta. Ngatur untuk line-up butuh tenaga lebih dan bisa bikin molor jadwal. Karena memanggilnya tak cukup sekali karena suara lewat sound system terkadang tidak terdengar akibat berisik raungan mesin.

Nah, pada event Pemalang Open Drag Bike (12/2), ada ‘senjata ampuh’ agar waktu tidak molor. Apa tuh? Bunyi alarm setiap 10 menit sekali dengan durasi dua menit sebagai peringatan pada peserta untuk segera masuk waiting zone. “Lewat dari itu, peserta tidak bisa start. Ini semacam counter down,” sebut Danoeng dari BSMC (Bintang Samudra Motor Club ) selaku promotor.

”Counter down bukan hal baru, tapi kalo bisa konsisten disetiap event baguslah. Panitia komit dan tegas, peserta juga belajar tertib,”komentar Chodox, joki senior yang jadi panutan.

Pemalang, alarm, [pintu geser
Pintu geser, peserta tidak bisa nyerobot masuk
Soal counter down ini, ”Tergantung dari jumlah starter masing-masing kelas. Jika rata-rata di atas 20 starter  dengan waktu 10 menit, kalo di bawah 14 starter diberi waktu 7 menit. Sepanjang ini efektif dan lancar sesuai schedule, kecuali ada farce majour dan problem teknis seperti sensor lampu,”lanjut Danoeng.

Hal lain yang juga mulai dijalankan, aturan masuk area start.  Danoeng menjelaskan, sebelum masuk grid, ada beberapa tahapan. Masuk pertama kita sebut green zone area untuk panaskan ban (burnout) sama nyoba start. Lalu masuk pintu kedua untuk undian line A tau B, jadi dua line itu harus terisi semua, pembalap tidak bisa milih line. Lantas sebelum start ada pintu geser, jadi pembalap yang diarea start hanya satu aja.

Tidak seperti biasanya berjubel di area start, ganggu konsen pembalap yang mau start. Lantas bagaimana dengan aturan wajib wearpack kelas point, ”Event seri Slawi minggu depan, kelas point wajib wearpack dan nggak ada toleransi. Kita mau kualitas event juga  ada progress,” tegas Danoeng. Oke deh! Ardel   

 

BAGIKAN