nhk

Drag Bike-Road Race 2018: Mantap Ini Jupie 130, Asapi FU Dan Sonic 150 R

ManiakMotor – Mekaniknya nggak terima, kalau Jupiter 130 yang aslinya buat MP2 katanya bikinan orang. Walau dia mengaku mekanik desa, jangan dikira tak sanggup bikin motor kencang. Saking kencangnya saat event road race di Wonosobo, Jateng baru lalu, ikutan di MP1 (Bebek 150 cc Seeded)  justru Jupie ini yang menang.

Berarti bisa mengalahkan FU dan Sonic 150 R, termasuk MX-King, “Memang begitu faktanya. Bahkan jauh memimpin. Padahal saya masih menggunakan aturan main MP2,” sebut AB Bendol, mekanik ABRT 20 yang lebih terkenal di drag bike. Dia memang pantang diremehkan. JANGAN REMEHKAN AKU…

Karena Bendol biasa dengan drag bike, ada rasa korekan trek lurus di situ. Contoh, kompresi rada tinggi dengan 13:1, kurang sikit. Makanya perbandingan ini nggak murni lantaran masih disesuaikan dengan waktu pengapian. Kan di road race lebih pada daya tahan mesin.

Durasi noken-as juga bukanya ridak terlalu ekstrem, hanya 275 derajat (in) dan 278 derajat (ex). Katanya ini sengaja agar putaran bawahnya masih bisa ngisi. Pembalapnya juga masih rileks membawanya.

Maka untuk menaikan debit bahan bakar agar setara nyedotnya dengan mesin MP1, dibohongi eh maksudnya diakali dari lift klep. Angkatan klep ini lumayan tinggi dengan 9,7 mm (in) dan 9,9 mm (ex). ”Lubang ex 26 mm, in 25,5 mm dengan LSAnya dikisaran 103,” rinci Bendol yang memasang knalpot racikannya pada Jupie tersebut.

Hasil akhirnya dari dyno 25.7 dk dan torsi 15.2 Nm. Tipikal Jupie ini kuat dari bawah macam mesin drag. Makanya di pasar senggol seperti Wonosobo bisa menang dengan seeting spuyer 105/60 dan final gir 13/40. Ardel

BAGIKAN