nhk

Drag Bike Senayan TDR, FFA Didapat Matik 7.197 Detik, Chodox Kasih Ilmu

ManiakMotor – Itulah fakta di Final Round TDR YSS Comet Drag Bike Championship 2012, posisi lima besar  Free For All (FFA) dikuasai motornya nona-nona dan tante-tante ke pasar. Yang pertama Eko Chodox dengan 7.197 detik. Chodox meminjam ilmu cewek  memacu Yamaha Mio dari tim Tomo Speed Shop (TSS) di event yang berlangsung di Parkir Timur Senayan, Jakarta Selatan, 15 Desember 2012 .

Chodox jarang menunggang matik akhir-akhir ini, bisa membuktikan cepat beradaptasi. Dia dengan gemulai – tapi suaranya tidak berubah jadi cewek apalagi seperti yang muncul di Taman Lawang – bikin matik  ngibrit. Bahasa apa itu, ngibrit?  “Bahasa ngibirt, Mas,” canda Chodox.

Bia melucu pula dia ya. “Supaya matik FAA ngibrit, harus diperlakukan  gemulai. Ketepatan rpm saat start sangat wajib, tidak boleh disentak atau kasar,” jelas Chodox yang tidak memperagakan cara gemulai menggebernya.

Chodox di waktu yang sama juga berhasil menggondol Honda CB150R Street Fire. Ini bukan hadiah dari  TDR, tetapi dia dapat saat uji coba motor terbaru AHM tersebut di tempat yang sama, tapi pengelola eventnya berbeda. Berita soal ini lihat di halaman sebelah. Wah, sorry bro, ini bukan tabloid tetapi internet.  Maksudnya di kanal lain pada portal ini.

Chodox terus bercerita cara memerlakukan Mio yang dipasangi rangka titanium itu. Mudah-mudahan ceritanya  bisa dipakai para penggeber matik pemula. Bahwa, karakter matik apalagi FFA, momentum gasnnya harus pas. Bila gasnya kebesaran, dia jamin motor akan salto ke belakang.  “Tentu saja buat pemula harus kerjasama dengan mekanik untuk memprlambat putaran bawah,” tambah Chodox. Maklum reduksi matik langsung dari kruk-as ke puli. Power tidak bisa diatur dari slip kopling.

Misalnya Mio TSS yang modifikasinya pernah diulas di maniakmotor.com diperlambat akselerasi bawahnya. Sliding shave atau penggulung belt diatur lebar lebih dengan memakai roller yang responnya lambat. Rollernya  pakai yang berat, saat start motor hanya didorong dikit oleh putaran mesin dan baru 5 meter kemudian terserah sampeyan mau salto atau terus melaju ke depan? Maksudnya, membuka gasnya harus sesuai. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi TDR Drag Bike, Senayan, 15 Desember 2012

Drag Bike Senayan (TDR), Ini Dia Yang Ke Thailand

Drag Bike Senayan, Chodox Menantang Pedrag Matik

Drag Bike Senayan, Peserta Matik Didahulukan

Modifikasi Yamaha Mio Drag Bike, Jagoan 300 cc, Tomo Speed..!

 


BAGIKAN