nhk

Drag Bike Sentul, Chodox Berlari 6,940 Detik…!

 


ManiakMotor – Waktu 6,940 detik di lintasan 201 meter, selama portal ini hidup baru kali ini menyaksikannya langsung. Wuih, itu motor hanya setarik nafas dari start menuju finish. Start tanpa salah dan putaran mesin akurat dengan grip ban. Wuzzz…  sakadap, bro..!

 

Itu dilakukan Eko Chodox, pendekar kebut lurus Indonesia. Dia melapalnya dengan KTM 250SX yang motornya sering dipajang portal ini di FB (fan page) maniakmotor.  Special engine itu menggaris  penyisihan FFA non matik di event Corsa One Make Tyre Drag Bike 2012 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, 14 Oktober 2012.  

Di event yang sama seri sebelumnya  pernah berlari  6,975 detik lewat Taufik Ompong. Pacuan milik Abirawa DMC Feat Key’s Speed ini memang menggunakan ban berbeda di seri ini, IRC Eat My Dust. “Tapi di final saya kurang yakin, karena aspal berubah dingin, sempat hujan gerimis. Grigpnya kurang enak,” jelas Chodox yang di final hanya mampu berlari 6,962 detik.   

Menurut Chodox, SE berbeda dengan motor harian yang dipermak habis-habisan. Mesin SE masih bisa langsang, walau porting-portingnya tinggi. Maklum buatan pabrikan. Derajat inlet dan outlet diperuntukan untuk garuk tanah, aslinya KTM 250SX. Ini motor dilepas di MX1 atau sekarang pakai 450 cc dengan versi 4-tak. Makanya bisa stasioner mirip standar, tapi begitu diberi gas lengkingannya merdu, bro.

Saat start juga tidak bakal ngoook. “Mengatur rpm ketika start lebih mudah,” tambah Chodox yang Kawak Ninja-nya di FFA Sentul  mencetak 6,971 detik sudah diulas portal ini. Sekalian juga waktu yang dicetak di Senayan itu telah rontok dengan sendirinya.

Settingan motor yang kenalpotnya telah dirancang dan disesuakan dengan aspal  di Bandung tersebut, hanya berubah pada perbandingan sproket. Bila sebelumnya sproket belakang 35 ditukar dengan 34. Berarti lebih berat untuk menjaga motor spin. Putaran awalnya diperlambat…

Sementara Bowo Samsonet tidak bisa berbicara banyak dengan Honda Nova Dash-nya, “Mesin jebol di Klaten beberapa minggu lalu, ini pakai blok silinder baru, jadi belum bisa maksimal. Harus dicari lagi korekannya,” kata Bowo.

Korek terus, daeng. adit

 

BERITA TERKAIT:

Hasil Lomba Drag Bike Sentul, 14 Oktober 2012

Drag Bike Sentul FFA, Special Engine Mencetak 6.975 Detik

Dragbike Senayan FFA, Chodox Pecahkan Rekor Jadi 6,971 Detik

Modifikasi Ninja Drag Eko Chodox, Piston KDX 66 Mm

Drag Bike Sentul, Tanpa Ditimbang, Aturan Ban Berubah (Lagi)..?

Drag Bike Sentul, Aturan Ban Diubah, Yakin Catatan Waktu Tajam


 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353