nhk

Drag Bike Tigaraksa, Teknik Halus Di Aspal Muyus

ManiakMotor – Mayoritas joki trek lurus seperti paduan suara tanpa dirigen menjawab; permukaan trek Tigaraksa, Tangerang, Banten permukaannya sangat muyus! Malah kelewat  mulus tanpa bulu. Pori-pori untuk memegang kompon ban kurang nongol. Joki yang ambil bagian di event Suzuki Chage & Challenge Drag Bike pada 23 Desember 2012 itu, kudu pakai taktik halus-halusan.

Sebenarnya namanya mulus sebelas dua belas dengan agak-agak licin. Tapi licinnya untuk ukuran kompon ban yang bergasing di rpm tinggi. “Kopling terpaksa diselip berurut dan halus mulai jarak 0 meter sampai 5 meter, supaya putaran tidak tiba-tiba. Ini akan berakibat kampas kopling lemah di ujung lintasan. Tapi cuma itu cara yang bisa dipakai,” jawab Dwi Batank, joki Semarang yang membela Ice 55 UK yang rupanya kembali jadi bintang di event ini.

Namanya juga paduan suara, pastilah senada dengan Saiful Cibef yang menjoki Honda Beat milik Tomo Speed Shop (TSS) yang turun sekaligus juara di kelas Matic TU s/d 155 cc. “Prinsipnya sama saja menahan power mesin agar tak berlebihan tenaga, agar gripnya pas. Kalau kelebihan ya spin saat start, buang waktu itu,” kata Cibef sembari bilang sulit untuk memecahkan rekor seperti di Sentul atau Senayan jika jenis aspalnya pori-porinya hayus.

Cibef terus bercerita, dia ogah dipotong dengan pertanyaan. Karena dia ingin bagi ilmu  tampil di lintasan seperti Tigaraksa. Katanya, dia sabar tidak meninggikan rpm matiknya saat cabut dari start. Jika ketinggian, motor sudah menggonggong namun larinya di tempat alias spin. “Ini pun masih saya  bantu dengan roller lebih berat, agar respon putaran bawahnya lambat,” cocor Cibef yang juga mengurangi tekanan angin untuk menjinakan aspal halus tersebut.

Tak hanya pembalap top yang menerapkan cara demikian. Sama juga pembalap yang belum ngetop di drag bike tapi populer di balap malam. Hehehe, sorry salah! Misalnya Sandy dari tim Suzuki KK Fim Kawahara  yang turun di Bebek 4-Tak s/d 130 cc, “Seperti para senior, saya pun menahan putaran roda dengan selip kopling, tapi hanya sebentar dan tidak gila-gilaan. Saat roda belakang sudah berputar baru gas diperlakukan seperti biasa,” ungkap pembalap yang berasal dari Tanggerang ini.

Halus memang. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi Drag Bike Tigaraksa, Tangerang, Banten 22 – 23 Desember 2012

Drag Bike Tigaraksa, Suzuki Nex 12 Detik, Dipacu maniakmotor.com

Drag Bike Tigaraksa, Iklan FU, Kencangnya Poool..!!!

Drag Bike Tigaraksa, Hari Pertama RX-Z Tercepat..!

Iklan Suzuki Satria FU, Pakai Joki Drag Bike Sabrina Sameh Dan Eko Chodox

BAGIKAN