nhk

Dragbike 2014 Kediri, Jatim: Yopi Tercepat Di bebek TU 130 cc, Dapat 8,458 Detik!

 

 

Maniakmotor – Persis prediksi Honda Supra X125 milik tim D3 SFL Aris Putra berhasil tercepat  8,485 detik di Comet Daytona Yamaha Dragbike Championship 2014. Ini event seri ketiga yang diputar di sirkuit Simpang Lima Gumul Kediri Jatim.

Jokinya Yopi Nexcom berhasil menyingkirkan pembalap tuan rumah yakni Dadank Japronk. Japronk pakai Jupiter Z milik CN Alin Wijaya dan harus puas ketiga dengan 8,630 detik. Sementara posisi kedua disikat Fandi Cuplis (8,522 detik). Persaingannya juga makin panas lantaran muncul sederet nama joki kenamaan Jatim. Misalnya Adi Plentis, Andi Memet, Rizky Unyil, Jhon PK dan joki-joki lain yang maaf tidak disebut atu-atu, karena ada 360 starter yang terdaftar. Wow..

Supra Yopi yang dibenahi putaran bawah-tengahnya ternyata berhasil. “Sekarang angakatan (lift) klep saat overlap 3,7 mm, sebelumnya 3,5 mm,” terang Saiful AB sang empu mesin Supra. Selain itu bobot balancer dibikin lebih berat 100 gram, sekarang pakai balancer 350 gram.

Menurut Yopi berkat ubahan tadi putaran mesin lebih cepat naik tenaganya, ini juga yang bikin start Yopi meljit mulus. “Jangan lupa juga ada CDI Rextor Prodrag 2 yang grafiknya disesuaikan dengan ubahan tadi. Di situ intinya,” terang Saiful.

Lalu bagaimana dengan janji rekor waktu 8 detik bersih itu? Saiful dan Yopi kompak sebut ban yang komponnya kurang oke. Mereka juga bilang saat setting kemarin pakai merk berbeda. Sementara harus tunduk pada peraturan lomba. Ban sudah diusahakan tekanannya diturunkan sampai 15 psi, namun tetap saja begitu.

Sedang Japronk bercerita kegagalannya untuk cetak rekor 8 detik akibat ngejim alias macet sebelum 15 meteran finish. Kejadiannya katanya persis seperti di seri Gresik lalu, pistonnya lengket dengan dinding silinder. GS

BACA JUGA

Drag Bike 2014 Delta Mas, Cikarang: Final Bebek 200 4T TU, Malah Turun Catatan Waktunya

Drag Bike 2014 Delta Mas (TDR): Duel Maut Matic TU 155 cc, Sabrina Vs Angel, The Next Indrie Berbie

Drag Bike 2014 Delta Mas, Cikarang (TDR): Penyisihan Sport 155 Rangka STD, Diasapi Ninja Karbu Standar

BAGIKAN