nhk

DragBike 2015 Kejurnas Situbondo Jatim: Final Bebek 200 Disikat Soleh Yahombe, Bocah Pemula 15 Tahun

ManiakMotor – Satu lagi joki bibit segar Jatim yang mencuat di CST Kejurnas Situbondo pada 24 Mei lalu. Namanya Soleh Yahombe, bocah 15 tahun asal Kepanjen, Malang, yang mengunci juara di kelas utama Bebek TU 200 cc. Wow…

Soleh melaju dengan FU DKMS Malang. Ia mencetak best time 7,509 detik sekaligus membungkam joki senior Jatim dan Jateng macam Adi S Tuyul, Jhon Pk, Erwin Sredek sebu, Chaka Bolo, Rocko Bochel dan Galih Dwi. Termasuk si Alvan Cebonk dibuat talk bersuara, pada diam.

“Sejak awal saya instruksikan agar dia tampil lepas tanpa beban dan hanya fokus pada lampu start,” buka Doni, manajer sekaligus pawang FF DKMS. Doni memang terlihat aktif menenangkan Soleh agar makin jangan terlalu soleh pada lawan-lawan bila sudah lintasan.

Soal korekan mesin, kata Doni, kompresi 14,2:1 sudah oke untuk akselerasi setiap pindah gigi. Perbandingan ini cukup dibawa oleh Soleh. Diameter klep in 26 mm dan ex 22 mm sebagai pintu gerbang keluar masuk bahan bakar memang dirasa pas dengan cara bawa si Soleh. Maksudnya sesuai setingan kompresi.

Termasuk klop juga dengan postur tubuhnya si Soleh yang tergolong mungil. “Dengan berat badan hanya 38 kg jelas punya keuntungan, bisa start dengan rpm rendah. Otomatis bisa mengurangi gejala spin di garis start,” analisa Doni dan  terbukti memang si Soleh sempurna di garis start.

Sebaliknya jagoan Bebek 200  Cebonk justru tak berdaya meredam power FU-nya di garis start. Kelihatan kali ini roda belakangnya kebanyakan spin di garis start yang bikin Cebonk kehilangan banyak waktu. “Waktu saya banyak terbuang di sana, padahal di penyisihan sudah lebih cepat,” sesal Cebonk yang kali ini join dengan FU CMT dan hanya ketiga dengan 7,694 detik.

Posisi runner-up direbut Erwin Sredek yang juga gaspol dengn FU CMT. Sredek  asli Mojokerto itu cetak 7,626 detik. Disusul Adi S Tuyul di posisi keempat dengan 7,713 detik juga dengan FU Karya Cak Moed. Sementara, FU Pells yang di tulisan sebelum lomba diprediksi bakal menang tanpa lawan, nyatanya kewalahan. Alhasil Galih Dwi yang bawa FU Pell kali ini hanya kelima dengan 7,7 detik, Jhon Pk malah lebih apes lantaran harus terlempar dari lima besar. Walaah!

Balas di seri berikutnya deh! GS

Baca Juga

Drag Bike Kejurnas 2015 Situbondo: Pell vs SFL di Matic 200 cc

Drag Bike 2015 Kejurnas Situbondo: Sport 150 cc Rangka Standar Digondol Tuyul, 7,4 Detik

Drag Bike 2015 Kejurnas Situbondo Jatim: Sinyo vs Galih di Bebek 4 -Tak TU 130 cc, Catatan 8,3 Detik

Drag Bike 2015 Kejurnas Situbondo Jatim: Sepi dan Hanya 149 Starter, Ada Apa Gerangan ?

BAGIKAN