nhk

DragBike BSD City, Settingan Kaki Pemenang Matik


ManiakMotor – Tersirat telah dibicarakan secara nyicil dalam laporan dragbike di BSD City, Minggu 2 September 2012. Bahwa setting drag bike tumpuannya pada suspensi dan ban. Kebetulan lintasan di event  The Incredible Final Gear DragBike,

pori-pori aspalnya renggang dan bersih, grip ban lebih bagus.

Semakin grip, tekanan psi ban otomatis naik, agar beban mesin kian ringan. Jika tetap rendah, ban akan mudah melipat dan tambah lengket pada aspal, akhirnya butuh tenaga talangan. Sebaliknya, aspal licin tekanan angin ban akan diturunkan dengan harapan, kompon ban jadi lembek. Ah, semua juga tahu tuh. 

Tapi,  ada yang belum mengerti, pengaruh pada kestabilan motor.  “Di kecepatan tinggi dengan ban yang psi-nya lebih tinggi, motor lebih lurus. Catatan waktu  jadi cepat,” buka Saiful Cibef pembalap dari tim Tomo Speed yang mematok setelan angin 14 psi yang biasanya diberi 12 psi seperti di Senanyan, Jakarta Selatan, bulan lalu.

Sebenarnya di dragbike suspensi selalu minta yang keras, kalau perlu rigid (kaku) yang penting tidak memantul. Namun, kendalanya lintasan BSD mendekati finish aspalnya bergelombang.  Di situ motor sempat terangkat rodanya. Coba perhatikan foto ilustrasi pada roda belakang Yamaha Mio dipacu Ayip Rosidi. Hehehe, jepretannya boleh juga ya.

Itu yang bikin bingung setelan sokbreker.  Padahal, landasan BSD minta   predaman yang keras untuk mengimbangi naiknya psi karet item.  “Saya memperkirakan begitu. Ternyata tekanan sokbreker terlalu kaku atau kekerasan dan roda malah mentul-mentul,” aku Ayip.

Walau hanya sepersekian detik roda belakang kehilangan grip tetap saja berpengaruh pada total catatan waktu. Buktinya time Ayip selisih 0.2 detik dengan Saiful Cibef yang juara.

Keduanya memakai motor yang sama atau satu motor dua joko, eh, joki di kelas sama. “Pengaturan sokbreker sudah pas. Cuma saya menghindari dari aspal bergelombang, seharusnya ke sisi kiri dikit,” ungkap Cibef.

Wah, salah jalur yang bukan salah seting kaki dong. Adit


BERITA TERKAIT:

Hasil DragBike BSD City, 2 September 2012

Hasil Dragbike Banjarnegara, Jateng, 1-2 September 2012

DragBike BSD City, Rekor Pecah Di 140 CC

DragBike BSD City, Matik Tune-Up 155 CC Pertajam Waktu

Drag Bike BSD City, Incar Catatan Kilat

DragBike Banjarnegara, Tamparan FU Standar..!

Modifikasi Ninja Drag Eko Chodox, Piston KDX 66 Mm

Yamaha F1ZR, Motor Drag Tiga Arena!


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353