nhk

DragBike Cibinong, Setingan Tercepat Penyisihan

 


ManiakMotor – Sampai di lokasi tanding, mekanik memerlakukan mesin drag bike dengan cara beda. Ada mekanik yang masih sibuk terus utak-atik di paddock dan ada pula yang percaya setingan kemarin telah mumpuni, tidak perlu disetel lagi. Tinggal gas, blaaar, blaaar...

Seperti seri-4 Pertamina Enduro Day Battle DragBike di Cibinong, Jawa barat, 8 – 9 September 2012.  “Jarang  menggeser  setingan karburator, kecuali ada perubahan cuaca yang ekstrem,” buka Popo, tunner Wahana Baru dari Bandung, Jawa Barat.

Popo mencontohkan Yamaha Mio yang turun di matik tune-up s/d 155 cc yang tercepat penyisihan. Katanya dia telah mematok pilot-jet 45 dan main-jet 118 pada karburator Keihin PE 28 yang direamer jadi 30 mm. Itu berarti sama dengan seri 3 di Senayan dan di BSD City lalu. “Seting besar biasanya dilakukan tersendiri sebelum event. Jadi, saat lomba lebih tenang dan tinggal gas,” tambah Popo.

Berbeda dengan yang dilakukan Yusron. Tukang kilik tim Kickstart Baitech ini kayaknya pegang obeng seting terus mengutak-atik Yamaha RX-Z  tunggangan Eko Chodox di paddock. Pantas saja di penyisihan ini Chodox tercepat dengan 7.343 detik di Sport 2-tak Tune-Up s/d 140 cc.

Main-jet dan gir depan berubah, karena kenalpot berbeda dari seri 3 di Senayan,” ungkap Yusron yang mengganti main-jet 160 jadi 165 dan pilot-jet tetap 58. Sedang  gir depan jadi 15 dari 14, gir belakang tetap 36. Dengan kenalpot itu tarikan lebih berisi. Ya, isinya power bro. Makanya perbandingan gigi jadi berat. Gir depan pula yang diganti, itu setara pergerakkan dua mata di sproket belakang.

Menurut para jokinya hasil penyisihan belum maksimal. Mereka cuma cari aman agar lolos dari penyaringan. “Besok atau final, kita lihat saja,” singkat Eko sembari tersenyum penuh arti dengan catatan waktunya di penyisihan. Maksudnya, penyisihan saja sudah kilat, apalagi di final.

Toh namanya mekanik, gatel tangannya bila tidak melakukan kilik-kilik. Kalau berhasil, itu kepuasan bersama rekan-rekan tim. Apalagi jokinya, dapat kangtau. Bila keok ya  lesu, kan begitu balap, gembira dan sedih silih berganti. Jika sedih terus mendingan berhenti deh, cari mainan lain yang bikin wkwkwk, gembira maksudnya. adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi DragBike Cibinong, 8 – 9 September 2012

DragBike Cibinong, 570 Setarter, Dihadiri Tim Mantap, Pak!

DragBike Cibinong, Kondisi Aspalnya ‘Tajam’

Modifikasi Ninja Drag Eko Chodox, Piston KDX 66 Mm

DragBike BSD City, Rekor Pecah Di 140 CC

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353