nhk

Surya 12 Dragbike Lumajang, ‘Merumus’ Tekanan Ban

 

 

 

ManiakMotorTekanan angin ban, tidak seperti merumus togel pakai  mimpi dan pergi ke Gunung Kawi. Tapi psi-nya harus sesuai dengan fakta lapangan, “Pakai ‘rumus’ power motor dan kondisi lintasan, agar motor tidak banyak spin pada saat start,” wanti Kentardima, juru kilik Surya 12 Evallube NHK Harriot’s Feat Keyspeed.

Ya, jika power besar dengan lintasan licin, tekanan ban mesti kecil. Hehe, lebih sedikit anginnya kaaleee. Kalau sebut kecil, itu benda. Angin mana bisa ente lihat besar kecilnya?  Pokoknya begitu sebaliknya di Seri 3 Kejurnas Surya 12 Dragbike Championship 2012 (S12DC), Sabtu, 30 Juni, 2001. Kemarin, ban-ban dragbike itu mencakar di Jln. Gubernur Suryo, Lumajang, Jatim. Acaranya dari siang sampai malam.

Di balap, boros dan rusak karet hitam urusan belakangan, yang penting  ke depan. Toleransi kempisnya, jangan sampai bocor sebelum finish. Itu ketimbang ban menggasing di tempat yang membuang waktu. “Psi sampai pas sekali untuk ban belakang. Kadang bisa sampai 12 psi dan depan 30. Rata-rata pakai ban IRC Eat My Dust 60/80-17,” bilang Richo Bochel yang juara Matic 200 cc yang memberinya angin 16 psi di karet belakang di lomba ini.

Bebek, sport  dan matik sama.  Acuannya tetap efesiensi tenaga di lintasan, “Depan dibuat sekeras-kerasnya agar ringan. Keras artinya tetap dalam batas aman,” tambah Kentardima yang kayaknya akan mengantar beberapa pembalap timnya juara nasional 2012, canggih dong.

Semua tahu, S12DC dimainkan siang dan malam. Siang tak lantas disebut angin siang, malam juga angin malam. Tetap angin ban. Tidak ada angin palsu di sana. Ngomong palsu banyak. Angin juga itu. Tekanan angin  sama, pembedanya kondisi trek,” timpal Agung S. Unyil,calon pemegang tahta bebek 2Tak 125 cc yang diamini Arif Tijil penguasa Sport 4Tak 200 cc dan Tony Chupank jagoan bebek 4T  155 cc. Kelas yang disebut diatas adalah kejurnas, bro!

Ketiganya sepakat rumusan tadi, tapi punya angka beda.  Seperti Agung yang punya nama lengkap Agung Firmansyah pakai  13 psi di ban belakang, depan 28 psi. “Kalau saya tidak tahu persis angkanya. Namun motor diboba terus sampai dapat,” kekeh Chupank.

Walah.GS, Ardel



BERITA TERKAIT:
Hasil Seri 4 Surya 12 Dragbike Championship 2012, Lumajang, 1 Juli 2012
Surya 12 Dragbike Lumajang, Gaya Balap Atau Pembalap Gaya..?
Yamaha F1ZR, Motor Drag Tiga Arena!
Surya 12 Dragbike Asli Kejurnas…
Surya 12 Dragbike Jombang, Pengebut Jateng Hadir
Drag Bike Magelang, Kecil Vs Batank
Surya 12 Dragbike Gresik, Teknologi Timing System Amrik
Surya 12 Dragbike Gresik, Tariiik…!
Drag Bike Jogja, Event Yang Punya Jenjang
Dragbike Pemalang, Idolanya Kelas Standar
Drag Bike BSD CITY, Dicabik M Chabix
Si Empuk Berbie Penakluk Drag


 

 


 

BAGIKAN