nhk

Dragbike Senayan, Melawan Bobot Kuda Besi..!

 

ManiakMotor – Regulasi bobot serius diterapkan panitia pada Pertamina Enduro KYT Day Battle DragBike 2012. Event  yang berlangsung di Parkir Timur Senayan (PTS), Jakarta, Minggu (15/7) itu, dikawal orang-orang mengerti regulasi.  “Karena bobot sangat berpengaruh pada kecepatan drag bike.  Harus tegas,” kata Toddy Andries, sebagai wakil pimpinan lomba yang dibikin Trendy Promomandira ini. Tahu dong itu orang, dia mbahnya balap motor Indonesia.

Peserta yang baru tahu peraturan tegas pun, buru-buru menambah bobot pada setiap motor. Namun mereka telah mengerti penempatan bobot yang ideal, agar tidak mempengaruhi tenaga dan keseimbangan. Silakan lihat deretan foto trik-trik tim menambah bobot pada masing-masing motor aduan.

 Menurut Eko Chodox yang ikut menambah bobot pada Ninja FFA-nya, barang pembobot tidak boleh sembarangan ditaruh. Katanya, bobot sangat berpengaruh. “Sebisa mungkin diikat pada ground yang paling dekat aspal dan pada bagian depan, agar saat start gejala ngangkat  berkurang. Juga saat motor melaju lebih diam. Beda kalau ditempatkan pada bagian atas motor, pasti motor goyang,” kata Chodox dari Semarang, Jateng yang memperkuat Kickstart Baitech.

Macam-macam benda pembobot yang dipakai.  “Kami biasa pakai bekas kem mobil. Alatnya kecil tapi berat dan ditaruh di dek motor. Asumsinya semakin dekat dengan tanah, semakin stabil dibawanya,” timpal Abud, teknisi dari tim JFK Racing.

Selain dek, tempat favorit lain di bawah mesin dan di jok belakang, seperti pada motor yang dipacu Ayip Rosidi dari Tomo Speed Shop. “Sebetulnya penambahan bobot ini mengganggu stabilitas, makanya diakali sebisa mungkin,” ungkap joki asal Karawang, Jabar itu.

 Sekali lagi, hasil selalu lebih cepat dari tulisan. Tulisan butuh otak mengolahnya, pak. Hasil lombanya ada di RESULTS.  Adit

BERITA TERKAIT:
Hasil Dragbike Senayan, 14-15 Juli 2012
Dragbike Senayan FFA, Chodox Pecahkan Rekor Jadi 6,971 Detik
Dragbike Senayan, Penyisihan FFA Nyaris Pecahkan Rekor
Dragbike Senayan, Jadwal Penyisihan Sabtu
Surya 12 Dragbike Malang, Peserta ‘Bakar’ Kota Sejuk!
 Yamaha F1ZR, Motor Drag Tiga Arena!
 
 


 

SHARE